Sekda Magelang mengibaskan bendera melepas rombongan jamaah haji. Foto: eko

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID) -Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto, melepas keberangkatan ratusan jamaah haji kloter 11. Dilakukan di halaman Setda Kabupaten Magelang, Kamis (9/6/2022).

Adi Waryanto didampingi jajaran Forkompinda dan Kementrian Agama melepas keberangkatan jamaah haji yang ditandai dengan mengibarkan bendera.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Magelang, H Panut, menjelaskan, pemberangkatan jamaah haji kloter 11 Kabupaten Magelang terdiri dari 171 jamaah haji yang dibagi menjadi 5 bus. Dari 171 jamaah haji itu akan bergabung dengan jamaah haji Kabupaten Kendal.

Untuk keberangkatan haji kali ini rombongan dikawal dari Kepolisian. Setiap bus akan didampingi dua petugas, yaitu dari Kemenag dan Pemda.

Dijelaskan, untuk kuota awal pemberangkatan haji Kabupaten Magelang berjumlah 549 orang. Dari 549 orang itu ada beberapa yang tertunda dan dibatalkan karena beberapa hal.

“Penundaan itu salah satunya karena usianya 65, sehingga menjadikan pengurangan kuota awal. Akibatnya yang bisa berangkat hanya 516 orang,” terang H Panut.

Lalu dari 516 jamaah haji tersebut ada yang gagal karena tidak lulus screening kesehatan, mengalami positif TB (Tuberculosis) paru, sehingga praktis tidak bisa berangkat. Sementara screening Covid-19 untuk jamaah haji Kabupaten Magelang hasilnya zero (0).

“Jamaah haji yang berangkat hari ini dengan jumlah 171 orang sudah melakukan screening tadi malam. PCR tadi malam alhamdulillah zero Covid, dan harapannya untuk kloter berikutnya semoga zero Covid sehingga seluruh jamaah haji di Kabupaten Magelang bisa berangkat semua,” harapnya.

Eko Priyono