blank
Wali Kota Semarang Dr Hendrar Prihadi, SE, MM meresmikan pipa resapan horizontal kerjasama dengan USM disampingi oleh Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip Prof Sudharto P Hadi MES PhD dan Rektor USM Dr Supari, ST, MT di Kelurahan Jabungan Kecamatan Banyumanik Kota Semarang, Kamis (9/6/2022). Foto : Dok Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, memberikan apresiasi terhadap upaya Universitas Semarang (USM) dalam melakukan upaya untuk menjadikan Semarang menjadi lebih baik dan lebih hebat.

“Yang harus Saya sampaikan apresiasi adalah upaya lembaga perguruan tinggi USM dalam membuat Semarang lebih baik dan lebih hebat,” kata Hendrar Prihadi usai meresmikan pipa resapan horizontal hasil kerjasama Pemkot Semarang dengan USM di Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik Kota Semarang, Kamis (9/6/2022).

Upaya yang dilakukan oleh USM, lanjutnya, adalah dengan menciptakan hasil karya teknologi resapan air yang sederhana namun bisa melakukan resapan air yang maksimal untuk mengurangi banjir dan dapat menyimpan cadangan air.

“Jadi ini bagus ya. Apa yang sudah dilakukan USM dengan melahirkan teknologi yang sederhana. Dengan nilai pembuatan plus honor pasang Rp 1,250 juta untuk satu titik. Namun bisa untuk mengurangi banjir dan dapat menyimpan cadangan air,” jelas Hendy sapaan akrab Wali Kota Semarang.

blank
Ketua Pembina Yayasan Alumni Universitas Diponegoro Prof Sudharto P Hadi MES PhD menyampaikan kepada Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, bahwa pencipta teknologi pipa resapan horizontal adalah dosen USM Dr Ir Edi Susilo MT, usai peresmian di Kelurahan Jabungan Kecamatan Banyumanik Kota Semarang, Kamis (9/6/2022). Foto : Dok Absa

Dan tahun 2022 ini, imbuhnya, akan dipasang sebanyak 90 titik pipa resapan air horizontal di dua Kecamatan di Kota Semarang, yaitu di kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik dan Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang.

“Sekarang baru ditanam 90. Nanti jika berhasil tahun depan akan kita tingkatkan sesuai dengan anggaran yang ada,” pungkas Hendy.