blank
Dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (USM) melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), dengan memberi pelatihan kepada pelaku UMKM binaan Serabut Nusa Berdaya Kabupaten Semarang-Ungaran di Laboratorium Komputer Universitas Semarang pada Kamis (9/6). Mereka foto bersama seusai pelatihan. (Foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi Universitas Semarang (USM) melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), dengan memberi pelatihan kepada pelaku UMKM binaan Serabut Nusa Berdaya Kabupaten Semarang-Ungaran yang disponsori Coca Cola Euro Pasific Partner Indonesia.

Kegiatan dilaksanakan di Laboratorium Komputer Universitas Semarang pada Kamis (9/6).

Pelatihan didanai oleh Universitas Semarang (USM).
Tim PkM terdiri atas Ketua, Vensy Vydia, S.Kom., M.Kom, anggota Astrid Novita Putri M.Kom dan Joko Suntoro, S.Kom.,M.Kom.

Ketua Tim PkM, Vensy Vydia mengatakan, pelatihan ditekankan pembuatan identitas visual (logo) untuk branding usaha UMKM dengan dikaitkan filosofi dari logo tersebut menggunakan aplikasi canva.

Materi yang disampaikan berupa pembuatan identitas visual pada logo usaha.

”Kami berharap, pelatihan ini dapat meningkatkan perluasan pemasaran UMKM tersebut,” ujarnya.

Peserta sangat antusias karena menurut mereka, pelatihan ini sangat penting untuk menambah pengetahuan.

CEO Serabut Nusa Berdaya Kabupaten Semarang-Ungaran, Dimas Herdy Utomo mengatakan, banyak makanan dan minuman produk UMKM yang berpotensi menarik perhatian konsumen, meski terdapat kendala pada proses identitas logo, pengemasan dan jaminan higienitasnya.

Melalui program UMKM Berdaya, dia berharap, dapat mengatasi kendala-kendalan tersebut.

”Kami berharap, bisa mengatasi persoalan yang muncul, sekaligus tercipta kesempatan untuk memperluas pemasaran,” ungkapnya.

Meski demikian, katanya, tidak dipungkiri, di lapangan kerap menemui persoalan berbeda-beda pada masing-masing UMKM. Untuk itu, pihaknya akan mempersiapkan tim kurasi produk dan UMKM sebelum memberikan pendampingan.

”Dengan cara itu, tawaran solusi yang diberikan diharapkan tepat sasaran. Oleh sebab itu, kami sangat senang Tim PkM FTIK Universitas Semarang mengadakan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan merancang identitas visual pada produk UMKM binaan Serabut Nusa Berdaya Kabupaten Semarang-Ungaran,” tandasnya.

Muhaimin