blank
Pelatihan digital marketing bagi anggota PKK Muntilan. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID) –Pelatihan digital marketing dalam peningkatan UMKM di wilayah Kecamtan Muntilan, dilakukan Selasa, 7 Juni 2022. Pelatihan di rumah makan kolam renang Semilir itu diikuti puluhan warga.

Ketua panitia, Intan Yuni Christanti, mengatakan, kegiatan itu mempunyai tujuan untuk meningkatkan usaha UMKM di wilayah Kecamatan Muntilan melalui digital marketing. Sebab di era saat ini pemasaran atau iklan sangatlah penting untuk mengenalkan produk-produk yang dihasilkan. Selain itu digital marketing juga bertujuan untuk menjangkau target pelanggan dengan lebih efektif dan efisien melalui media digital yang ada.

Disebutkan, peserta pelatihan itu adalah perwakilan dari setiap desa dan kelurahan se-Kecamatan Muntilan. Yaitu sebanyak 13 desa dan satu kelurahan, serta PKK Milenial Kecamatan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Muntilan, Ny Widyah Amin Sudrajad, mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta serta panitia atas terselenggarakannya acara pelatihan digital marketing untuk meningkatkan usaha UMKM di wilayah kecamatan itu. Harapannya ke depan UMKM di wilayah Kecamatan Muntilan dapat memanfaatkan teknologi yang ada semaksimal mungkin. Itu guna meningkatkan daya beli masyarakat.

Dengan adanya kegiatan itu UMKM yang ada di wilayah Kecamatan Muntilan dapat memaksimalkan penggunaan teknologi yang ada. Guna meningkatkan daya beli masyarakat serta memperluas jangkauan pemasaran produk.

Ditambahkan, di kantor Kecamatan Muntilan sendiri PKK Milenial “Mumpuni” Kecamatan Muntilan telah menyiapkan pojok UMKM yang dapat digunakan masyarakat guna mendisplay produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakat Muntilan.

Camat Muntilan, Amin Sudrajad, pada kesempatan itu menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada PKK milenial desa maupun kecamatan. Dia berharap PKK milenial membawa manfaat yang sangat luar biasa bagi masyarakat. Dengan adanya pelatihan digital marketing itu dia berharap dapat meningkatkan usaha UMKM masyarakat di sekitar Kecamatan Muntilan.

“Muntilan memang sudah terkenal dengan kulinernya, kerajinan batu seperti cobek dan lain sebagainya, serta sebagian juga memanfaatkan lahan pertanian,” katanya.

Dia berharap kegiatan itu dapat membawa manfaat besar bagi masyarakat Muntilan khususnya dalam hal pemasaran produk-produk yang dihasilkan.

Narasumber sekaligus owner Outbound Mancakrida Magelang, Muhammad Heri Wibowo, dalam kesempatan itu menyampaikan  materi penggunaan WhatsApp bussines, cara membuat katalog di WhatsApp bussines, membuat link auto chating/auto order, membuat shot link, mengirim balas otomatis dengan Whatsauto, cara mengatasi whatsauto tidak bekerja.

Sedangkan Apsasi Annisa Romas, Owner Ipang Production, menceritakan bagaimana dari awal perjalanan dia beserta suami dalam merintis bisnis yang digelutinya sekarang. Berawal dari modal Rp 200 ribu hingga kini sudah memiliki empat rumah produksi sekaligus 33 karyawan.

Eko Priyono