blank
Suasana syukuran di kantor redaksi suarabaru.id. Foto: Ning

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Media online suarabaru.id hari ini, Rabu 8 Juni 2022 hari ini genap berusia empat tahun. Menandai peringatan ulang tahun keempat ini, di kantor redaksi Jalan Mugas Barat VI/12 Semarang diselenggarakan syukuran sederhana.

Acara dihadiri para pendiri suarabaru.id seperti Sri Mulyadi yang akrab disapa Mbah Mul, Amir Machmud NS, dan Solikun dan Pemimpin Redaksi Widiyartono R, Manajer Pemasaran dan Iklan Berkah Yuliarto, serta staf dan wartawan.

Dalam kesempatan itu Amir Machmud selaku Pemimpin Umum menyampaikan, di tengah arus ideologi kemediaan yang menghamba kepada ideologi clickbait, viralitas, dan google adsense, suarabaru.id tetap mencoba setia kepada nilai-nilai jurnalistik.

“Realitas sekarang, media seperti berwajah ganda. Bisa menjadi ‘malaikat’ manakala media menjalankan peran pers yang diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999, yaitu memberi informasi, memberi pendidikan, memberi hiburan, dan menjalankan kontrol sosial,” katanya.

Tetapi, katanya, media juga bisa berwajah “iblis”, ketika dengan menghalalkan segala cara yang bertentangan dengan Undang-undang Pers dan melanggar Kode Etik Jurnalistik, menekankan tujuan viral informasi.

Suarabaru.id tetap memberi ruang bagi model praktik jurnalistik yang mungkin dianggap konservatif, tetapi menarasikan realitas dinamika publik,” tutur Amir Machmud.