Lestari Moerdijat saat menutup kegiatan Bimbingan Teknis Kemenparekraf, yang digelar di Kabupaten Demak, secara daring, Senin (6/6/2022). Foto: lmc

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kemajuan sebuah daerah akan membangun sebuah optimisme dan memantik banyak inspirasi, menyongsong Indonesia Emas 2045. Lewat pengembangan sektor wisata yang tersebar di Indonesia, kemajuan daerah adalah sebuah keniscayaan.

”Tingkatkan kreativitas untuk mengoptimalkan potensi wisata daerah, lewat kolaborasi yang baik sesama anak bangsa, dengan selalu berpijak pada nilai-nilai kebangsaan yang kita miliki,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat.

Hal itu disampaikannya, saat menutup kegiatan Bimbingan Teknis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), dengan tema ‘Promosi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Melalui Media Digital’, yang digelar Kemenparekraf RI, di Kabupaten Demak, secara daring, Senin (6/6/2022).

BACA JUGA: Tim Farmasi UMS Raih Medali Perak di World Young Inventor Exhibition Malaysia

Acara yang diikuti 50 peserta yang merupakan UMKM Binaan Sahabat Lestari, pengemudi ojek online, pengrajin aksesoris monel, UMKM batik, dan pelaku usaha makanan olahan laut itu, menghadirkan Joko Suharbowo SSn (Subkoordinator Event Wilayah 1 A Kemenparekraf), Dra Endah Cahya Rini MM (Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak), dan Shafigh Pahlevi Lontoh (Expertis Pemasaran Digital dan Penggiat Wisata), sebagai narasumber.

Menurut Lestari, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor yang dapat diandalkan, dalam pemulihan ekonomi Nasional pascapandemi.

”Industri pariwisata Nasional sangat mengandalkan ragam potensi yang dapat disajikan kepada para wisatawan. Karena selama ini, Indonesia mengandalkan objek wisata alam, pantai, religi, dan sejarah. Namun jangan dilupakan, atraksi budaya juga harus dikembangkan,” jelas Rerie, sapaan akrab Lestari.

BACA JUGA: FKOR UNS Gelar Seleksi Calon Siswa Kelas Khusus Olahraga

Selain itu, jelas anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, Indonesia juga memiliki kekayaan kuliner dan seni budaya. Kreativitas masyarakat di sekitar objek wisata, juga harus ditingkatkan.

Ditegaskan Rerie, seruan bangkit dari keterpurukan akibat pandemi harus terus digaungkan, diikuti dengan upaya membuka ruang-ruang yang ada. Hal ini agar sektor perekonomian terus tumbuh, untuk menjawab berbagai tantangan yang ada.

Riyan