blank
Pj. Bupati Jepara saat memimpin audiensi di ruangan Vidcon (Foto: kominfo)

JEPARA (SUARABARU.ID)- Kawasan kuliner Mangunsarkoro Street yang baru dilaunching beberapa waktu yang lalu menjadi perhatian Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta. Edy mendorong inovasi pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM). Hal ini disampaikan saat audiensi di Ruang Vidcon Bupati Jepara Senin, (6/6/2022).

Orang nomor satu di Jepara tersebut mencontohkan bahwa integrasi dapat dilakukan dengan pengembangan. Ketika para wisatawan berkunjung ke Ruang Pingit RA Kartini, mereka kesana tidak hanya liat benda mati tetapi juga melanjutkan wisata kuliner dan berbelanja di pusat oleh-oleh dekat Pendopo Kartini.

“Inovasi ini menjadi indikasi bahwa masyarakat ingin perubahan. Ini selaras dengan yang akan kita kerjakan ke depan. Harapannya tidak hanya di sana, tapi juga diperluas,” ungkap Edy.

Mangunsarkoro Street yang dibuka pada 16 Mei 2022 lalu bertujuan untuk meningkatkan UMKM di sekitar Kelurahan Panggang, Kabupaten Jepara.

Lurah Panggang Achmad Solichin menuturkan bahwa Mangunsarkoro Street dibuka dengan asas “Edhan Tenan” yaitu Ekonomis, Demokratis, Harmonis, Akuntabel, Normatif, Tentrem, Aman.

“Kalau tidak ngedan tidak mungkin kawasan Mangunsarkoro terwujud. Kami benar-benar nol anggaran, termotivasi memberdayakan Warga Panggang,” ucap Solichin.

Grand launching, Mangunsarkoro Street sudah lima kali digelar. Awal pembentukannya, kawasan tersebut membutuhkan anggaran sekitar delapan belas juta rupiah. Lantas, dukungan dari sponsor dan stakeholder, akhirnya mampu membuahkan hasil berupa tenda sejumlah 80 buah. Yang terbagi untuk 70 tenda bagi Warga Panggang dan bagi pihak 10 sponsor.

Senada dengan Solichin, Camat Jepara Suherman menjabarkan bahwa antusias dalam Mangunsarkoro Street adalah perjuangan Warga Panggang.

“Berawal dari akar rumput, ini bentuk suasana beda yang akan jadi icon Jepara,” kata Suherman.

Namun, keberhasilan Mangunsarkoro Street bukan tanpa kendala. Kepala Dinas Perhubungan Jepara Trisno Santosa menjelaskan bahwa kemacetan menyebabkan arus lalu lintas terhambat.

“Namun kami sudah koordinasi dengan Satlantas Polres Jepara, sehingga arus kemacetan bisa diurai. Tentunya, jam buka tutup harus dipatuhi agar jadi akses masyarakat dapat tertib. Kantong parkir akan ditambah,” terang Santosa.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jepara Zamroni Lestiaza turut mengapresiasi inisiasi dari Warga Panggang karena memberikan destinasi wisata kuliner baru.  UMKM diharapkan makin berkembang dan jadi alternatif paket wisata di Jepara.

Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Jepara Samiaji membahas bahwa UMKM di Mangunsarkoro Street tergabung dalam organsiasi di Jepara. Setidaknya, mereka akan diberi pelatihan dan pembinaan terkait UMKM.

ua/kominfo