Hari Lingkungan Hidup Sedunia
Para pesepeda dari berbagai komunitas sepeda di Magelang saat menebar bibit ikan nila di Sungai Kali Bening yang ada di Kampung Sanden, Kelurahan Kramat Selatan, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang. Foto; W Cahyono

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, puluhan pesepeda dari berbagai komunitas sepeda di Magelang, menebar bibit ikan di Sungai Kali Bening yang ada di wilayah Kelurahan Kramat Selatan, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, Minggu ( 5/6/2022).

“Sebanyak 1.000 ekor ikan nila kami tebar di Sungai Kali Bening. Dengan harapan, ekosistem ikan nila di sungai tersebut tetap terjaga,” kata Koordinator Bike To Work ( B2W) Magelang, Siska Sri Yoga.

Yoga mengatakan, penebaran benih ikan tersebut agar keseimbangan ekosistem ikan di Sungai Kali Bening tersebut tetap terjaga kelestariannya.

Sebelum penebaran benih ikan di Sungai Kali Bening tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang terkait jenis ikan yang cocok untuk ditebar di Sungai Kali Bening tersebut . Dan, dari hasil koordinasi tersebut jenis ikan yang cocok dengan habitat Sungai Kali Bening tersebut yakni ikan nila.

Ia menambahkan, sebelum penebaran benih ikan tersebut, para pesepeda dari berbagai komunitas seperti  Komunitas Sepeda Lipat Magelang ( Selima), Lowrider,sepeda tua.

Selain itu, beberapa pesepeda wanita yang tergabung dalam Magelang Female Cylclis ( Mafelis) juga ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

Para pesepeda tersebut, terlebih dulu bersepeda keliling Kota Magelang dengan start dari Tugu Aniem ( Tugu Kelisrikan) yang berada di titik nol Kota Magelang ke beberapa ruas jalan. Seperti Jalan Pemuda, Jalan Tidar, Jalan Sunan Gunung Jati.

Kemudian menuju Jalan Cempaka dan melewati pinggiran Sungai Kali Bening, Jalan Perintis Kemerdekaan dan berakhir di pinggiran Sungai Kali Bening yang ada di Kampung Sanden, Kelurahan Kramat Selatan.

Yoga mengatakan, selain melakukan penebaran benih ikan, kegiatan lainnya yang dilakukan para pesepeda di Magelang, yakni menyerahkan  dua unit sepeda mini bagi dua siswa SD Negeri 5 Kota Magelang.

“Penyerahan sepeda mini tersebut dalam rangka peringatan Hari Sepeda se- Dunia yang diperingati setiap 3 Juni,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dua unit sepeda yang diberikan kepada dua siswa SD Negeri 5 Kota Magelang tersebut merupakan hasil ‘’patungan” dan donasi dari beberapa pesepeda baik dari Magelang maupun luar Kota Magelang.

Menurutnya, kegiatan tersebut juga untuk membangun dan menumbuhkan budaya bersepeda di kalangan anak-anak. Selain itu, juga untuk menanamkan rasa cinta alam yakni turut membantu mengatasi pencemaran udara.

“Penyerahan sepeda ini  sebagai wujud dalam membangun budaya bersepeda dan membantu anak-anak menggunakan alat transportasi ramah lingkungan bebas emisi karbon,” kata  Yoga.  W. Cahyono