Hari Sepeda Sedunia
Koordinator Bike To Work Magelang, Siska Sri Yoga saat menyerahkan sepeda bagi dua siswa SD Negeri 5 Kota Magelang . Foto: Dokumen Komunitas B2W Magelang

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Kebahagian menyertai dua orang siswa SD Negeri 5 Kota Magelang, Naufal siswa kelas II dan Hanif siswa kelas II karena mendapatkan kado istimewa dari para pehobi sepeda Magelang yang tergabung dalam Komunitas Bike To Work ( B2W) Magelang.
Bertepatan dengan Hari Sepeda Sedunia yang diperingati setiap 3 Juni, mereka berdua masing-masing mendapatkan satu buah sepeda mini dari Komunitas B2W Magelang, Jumat ( 3/6/2022).
Koordinator aksi B2W Magelang, Siska Sri Yoga mengatakan, Yoga mengatakan, tujuan pemberian sepeda layak pakai bagi dua siswa SD Negeri 5 Kota Magelang tersebut, untuk membantu kedua siswa tersebut sebagai moda transpotasi ke sekolah.
Menurutnya, kegiatan tersebut juga untuk membangun dan menumbuhkan budaya bersepeda di kalangan anak-anak. Selain itu, juga untuk menanamkan rasa cinta alam yakni turut membantu mengatasi pencemaran udara.
“Penyerahan sepeda ini sebagai wujud dalam membangun budaya bersepeda dan membantu anak-anak menggunakan alat transportasi ramah lingkungan bebas emisi karbon,” kata Yoga yang juga Koordinator B2W Magelang ini.
Ia menambahkan, sejumlah pesepeda di Magelang dalam beberapa bulan lalu, mengumpulkan uang donasi dan juga secara ‘patungan’ untuk bisa mendapatkan dua unit sepeda mini layak.
“Dua unit sepeda mini layak pakai ini hasil donasi dan ‘patungan’dari para pesepeda di Magelang. Dan bertepatan Hari Sepeda Sedunia ini, sepeda tersebut kami serahkan kepada adik-adik kami untuk bisa dijadikan sarana transportasi ke sekolah,” kata Yoga.
Sementara itu, Kepala Sekolah SD Negeri 5 Kota Magelang, Yudhi Wibowo mengapresiasi langkah yang dilakukan para pesepeda dari Komunitas B2W Magelang yang melakukan gerakan sosial memberikan sepeda bagi dua siswa SD Negeri 5 Kota Magelang.
“Kami cukup bangga dengan kegiatan yang dilaksanakna B2W Magelang. Karena, selain sebagai pehobi sepeda, mereka juga memiliki kepedulian sosial,” kata Yudhi.
Ia berharap, kegiatan yang dilakukan para pehobi sepeda dari Komunitas B2W Magelang tersebut, bisa menjadi kegiatan yang positif dalam membangun Kota Magelang sebagai kota yang ramah sepeda. Selain itu, ia berharap para pehobi sepeda di Magelanng bisa memberikan kegiatan edukasi bersepeda dengan aman yang dikemas dengan acara gembira. W. Cahyono