blank
Dekan FTP USM, Dr Haslina dan Dekan FSM Undip, Prof Dr Widowati menandatangani naskah kerja sama di ruang sidang Dekan lantai 4 Gedung Acintya Prasada FSM Undip pada Selasa (31/5). (foto;Humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (FTP USM) dan Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro (FSM Undip) menjalin kerja sama dengan menandatangani nota kesepahaman di ruang sidang Dekan lantai 4 Gedung Acintya Prasada FSM Undip pada Selasa (31/5).

Dekan FSM Undip, Prof Dr Widowati SSi MSi menyatakan, pihaknya siap mendukung kerja sama dengan FTP USM.

”Fakultas Sains dan Matematika memiliki 6 departemen yaitu Departemen Matematika, Departemen Fisika, Departemen Biologi, Departemen Kimia, Departemen Statistika, dan Departemen Ilmu Komputer/Informatika. Kami memiliki 12 prodi dari S1 hingga S2. Bahkan ada 2 departemen yakni Kimia dan Biologi yang sudah mengajukan Akreditasi Internasional,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Prof Widowati menyampaikan tentang kegiatan pengajaran, penelitian, dan pengabdian yang ada di lingkungan FSM.

Untuk mewadahi dan mendukung publikasi penelitian dosen, katanya, setiap tahun secara rutin FSM mengadakan International Conference yaitu Inspinsa dan ICICos.

”Dalam pelaksanaan pengabdian dan penelitian melibatkan mahasiswa.Untuk menambah wawasan mahasiswa setiap tahunnya FSM mengadakan general lecturer minimal 4 kali dan seminar nasional yang lebih dari 6 kali. Tidak hanya fakultas, masing-masing prodi juga mengadakan general lecture secara rutin setiap semesternya,” tambahnya.

Sementara itu,Dekan FTP USM, Dr Ir Haslina MSi mengatakan,tujuan kerja sama ini adalah melaksanakan penyelenggaraan pelaksanaan bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pemberdayaan tenaga ahli.

”Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro cocok menjadi partner kerja sama karena banyak para ahli penerapan ilmu sains dan teknologi sehingga relevan dengan bidang teknologi hasil pertanian,” tuturnya.

Dia merasa kagum terhadap prestasi yang sudah diraih FSM Undip. Pihaknya belajar dengan FSM Undip agar mendapatkan tambahan ilmu dan pengalaman.

”Momentum ini merupakan kesempatan yang baik bagi FTP USM dan FSM Undip untuk saling belajar dan meningkatkan kemampuan,” kata Haslina.

Dia berharap, kerja sama ini dapat membawa dampak positif bagi kedua belah pihak khususnya untuk kemanfaatan bagi dunia pendidikan,” tandasnya.

Muhaimin