blank
Personel dari BPBD Kabupaten Wonogiri, bertugas melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lokasi Pasar Hewan. Kali ini di Pasar Hewan Selogiri dan Ngadirojo.(Dok.BPBD Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Giliran Pasar Hewan di Kecamatan Ngadirojo dan Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri, disemprot cairan disinfektan. Penyemprotan dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonogiri.

Kepala BPBD Kabupaten Wonogiri, Bambang Haryanto, menyatakan, penyemprotan tersebut merupakan kelanjutan dari penyemprotan Pasar Hewan di Kecamatan Wuryantoro dan Pracimantoro.

Pasar Hewan Kecamatan Selogiri, menempati lokasi bekas Terimnal Bus di Klampisan Kelurahan Kaliancar, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Tujuannya, sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut Kuku ( PMK ) pada ternak.

Personel dari BPBD yang melakukan tugas penyemprotan terdiri atas Yatino SSos, Wiyanto, Sentot dan Teguh. Kegiatan penyemprotan disinfektan, dilakukan sebagai tindak lanjut hasil koordinasi dengan Dinas KUKM dan Perindag Kabupaten Wonogiri.

Sebagaimana pernah diberitakan, Bupati WonogiriJoko Sutopo menutup semua Pasar Hewan di Kabupaten Wonogiri selama dua pekan, berlangsung sejak Selasa (24/5) sampai Senin (6/6) mendatang.

Ini dilakukan setelah menemukan ada sapi yang dipasarkan di Pasar Hewan, bergejala tertular PMK atau Foot and Mouth Disease.

Bambang Pur