blank
Petuas Damkar bersama polisi dan karyawan SPBU memadamkan api yang membakar mobil di SPBU Ungaran, Kutowinangun, Kebumen, Rabu (1/6) pagi.(Foto:SB/Si Humas Polres)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Warga yang melintas jalan raya Kutowinangun-Prembun Kebumen Rabu (1/6) pagi terkejut melihat api berkobar di SPBU Kutowinangun.

Cuaca mendung habis hujan mengguyur daerah Kebumen sepagi itu. Namun api berkobar di dekat SPBU itu telah beredar luas dan masyarakat semakin penasaran serta khawatir api bakal merembet ke sekitarnya.

Ternyata api berasal dari mobil station yang terbakar di SPBU Ungaran, Kecamatan Kutowinangun. Mobil milik Bambang Paryono (50), mantan anggota DPRD Kebumen, warga Desa Prasutan, Kecamatan Ambal, itu mengalmai kebakaran sekitar Pukul 06.30 WIB sesaat setelah korban mengisi BBM di SPBU tersebut.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin melalui Kasubsi Penmas Aiptu S Catur Nugraha mengungkapkan, meski tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu,mobil milik korban hangus dan rusak parah.

“Tidak ada korban jiwa. Begitu melihat ada kobaran api, korban langsung keluar dari mobil dan mendorong agak jauh dari mesin pompa BBM berama petugas SPBU,”jelas Aiptu Catur.

blank
Mobil station hangus terbakar saat mengisi BBM di SPBU Ungaran Kutowinangun, Kebumen, Rabu (1/6) pagi.(Foto:SB/Si Humas Polres)

Petugas SPBU Kutowinangun sempat melakukan pencegahan agar api tidak membesar dengan alat pemadam api ringan(APAR). Namun api semakin membesar dan sulit dicegah hingga tim Damkar dari Pos Prembun datang memadamkan si jago merah.

Kapolsek Kutowinangun AKP Krida Risanto menambahkan, setelah mobil berhasil dipadamkan pihaknya bersama Tim INAFIS Polres Kebumen memasang garis polisi untuk selanjutnya melakukan penyelidikan.

Dari data awal penyelidikan, polisi menemukan tangki BBM tambahan ukuran besar di dalam mobil Mitsubishi Colt T120 bernopol K 8895 NA yang terbakar.

Kuat dugaan, BBM yang diangkut mobil tersebut menyebabkan nyala api membumbung tinggi dan sulit dipadamkan. Namun masih beruntung api tak menjalar ke lokasi penyimpanan BBM di SPBU di utara jalan raya tersebut.

Komper Wardopo