blank
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji (ketiga dari kiri) menyerahkan sertifikat gratis kepada perwakilan masyarakat Desa Mangunharjo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan.(Foto:Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, menyerahkan sertifikat tanah secara gratis kepada masyarakat Desa Mangunharjo, Kecamatan Arjosari.

Prokopim Kabupaten Pacitan, semalam, mengabarkan, penyerahan sertifikat tanah secara cuma-cuma itu, berlangsung Selasa (31/5). Jumlahnya sertfikat sebanyak 1.700 bidang tanah milik warga, yang pelayanannya melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dari kementerian ATR/BPN.

”Ingkang sampun pikantuk sertifikat (Yang sudah mendapatkan sertifikat) mudah-mudahan bermanfaat,” tandas Bupati Indrata Nur Bayu Aji sembari menambahkan ”Menawi ajeng damel jaminan modal ugi sampun saget lan mugi-mugi usahanipun sukses (Bila akan dijadikan agunan meminjam modal sudah bisa dan semoga usahanya sukses),” kata Bupati.

Desa Mangunharjo, menjadi satu-satunya desa di Kecamatan Arjosari yang beruntung mendapatkan Program PTSL Tahun 2022. Sedangkan untuk seluruh Kabupaten Pacitan terdapat 7 desa yang mendapatkan program sertifikat gratis tersebut, mencakup jumlah 26.896 bidang tanah.

PTSL adalah program sertifikasi tanah gratis dari pemerintah, hal ini dikarenakan masih banyaknya tanah yang belum bersertifikat. Selain itu, lambatnya proses pembuatan sertifikat tanah selama ini menjadi perhatian pemerintah, sehingga melalui kementerian ATR/BPN diluncurkannya Program Prioritas Nasional yang berupa percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tersebut.

Acara penyerahan sertifikat tanah gratis Program Nasional PTSL di Desa Mangunharjo, berlangsung meriah karena dirangkaikan dengan acara Bersih Desa. Dimeriahkan kesenian tradisional Jaranan. Event ini tidak hanya dihadiri oleh masyarakat setempat, namun juga warga dari desa-desa tetangga.

Bersih Desa, merupakan upacara adat Jawa, menyajikan sesaji kenduri untuk memaknai keberadaan Danyang. Yakni tokoh Sesepuh Cikal Bakal pendiri desa beserta anasir gaibnya. Juga untuk media memohon keselamatan bagi seluruh warga.

Bambang Pur