blank
Petugas BPBD Blora didampingi TNI Polri menyemprotkan disinfektan di Pasar Hewan Blora. Foto: Kudnadi

BLORA (SUARABARU.ID) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora telah mendukung pemerintah daerah melaksanakan penyemprotan Disinfektan di pasar-pasar hewan ternak. Tujuannya untuk mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Blora,  Slamet Widodo, S.Sos, M.Si., melalui Kasi Kedaruratan dan Logistik, Erny Endrawati, SE, MM. mengatakan, BPBD Blora bersama Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blora akan terus melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh kandang-kandang ternak dan pasar-pasar guna mengendalikan penyebaran virus PMK pada hewan ternak.

“Kami ikut empati kepada peternak yang ternak suspek atau positif PMK dan membantu melakukan penyemprotan di pasar-pasar agar penyebaran PMK dapat terkendali dan segera selesai,” kata Erny panggilan akrab Erny Endrawati dalam kegiatan penyemprotan disinfektan, di Pasar Hewan Pasar Pon Blora, Rabu Pon  (1/6/2022)..

Bahkan, lanjut Erny, Pemkab Blora melalui Kepala Dinas Pangan Pertanian Peternakan dan Perikanan (DP4) Kabupaten Blora bersama jajarannya sebelumnya juga memutuskan agar semua pasar hewan di Blora ditutup sementara mulai Jumat (28/5/2022) hingga Jumat (11/6/2022) atau sekitar 14 hari untuk mengendalikan penyebaran PMK.