blank
Kepala Badiklat Hukum dan HAM Jawa Tengah, Kaswo dalam kegiatan Api Semangat Bela Negara (ASBN) pelatihan dasar (Latsar) CPNS Gelombang I Tahun 2022. Foto: Dok/Badiklat Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Balai Diklat (Badiklat) Hukum dan HAM Jawa Tengah menggelar Api Semangat Bela Negara (ASBN) pelatihan dasar (Latsar) CPNS Gelombang I Tahun 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara virtual yang berpusat di ruang Graha Yasonna H. Laoly, Badiklat Jateng pada Selasa malam (31/5/2022).

Acara ASBN dipimpin langsung oleh Kepala Badiklat Hukum dan HAM Jawa Tengah, Kaswo, dan diikuti oleh seluruh peserta dari Angkatan XXIV hingga XXXIX yang terdiri dari CPNS Golongan II pada Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Jawa Timur dan D.I. Yogyakarta, yang merupakan rangkain dari pembelajaran agenda I.

Kegiatan diawali dengan dibunyikannya terompet ASBN. Pada kesempatan itu Kaswo menghimbau kepada seluruh peserta untuk selalu mengingat dan meneguhkan tekad sesuai bidang profesi masing-masing, dalam rangka bela negara untuk membangun kejayaan bangsa.

Ada 5 pesan penting yang disampaikan Kabadiklat, sebagai bentuk semangat bela negara. Pertama, memantabkan dan meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan YME sebagai landasan moral disetiap pekerjaan.

Kedua, memegang teguh kehormatan dalam bekerja. Ketiga, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan lainya.

Keempat, tidak mudah terpengaruh dan terprofokasi dengan tipu muslihat yang dapat menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa, dan kelima, memberikan dharma bakti terbaik dalam setiap pekerjaan.

“Jaga soliditas dan kekompakan yang sudah terbangun, untuk melaksanakan tugas kedepan, sesuai bidang tugas dan jabatan masing-masing,” tandas Kaswo.

Selanjutnya, prosesi Api Semangat Bela Negara dilanjutkan dengan rangkaian kegiatan inti, yaitu ikrar bela negara, penyalaan Api Semangat Bela Negara, penciuman bendera merah putih, serta pembacaan puisi.

ASBN ini dilaksanakan pada malam hari agar peserta lebih khidmat, yang bertepatan pada malam sebelum peringatan Hari Lahir Pancasila.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Balai Diklat Keagamaan Denpasar, Muchammad Toha, dan seluruh tenaga pengajar agenda 1 Latsar CPNS Badiklat Jateng.

Ning Suparningsih