blank
Paban II/Puanter TNI Sterad Kolonel Inf Jaelan bagikan sembako untuk masyarakat Desa Pengkoljagong di Balaidesa. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Staf Teritorial Angkatan Darat (Sterad) oleh Paban II/Puanter TNI Sterad Kolonel Inf Jaelan, SIP. mengunjungi pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Desa Pengkoljagong, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora.

“Alhamdulillah saya dapat berhadir di tengah masyarakat untuk dapat meninjau, membina dan mengawasi pelaksanan TMMD di Desa Pengkoljagong ini.
Kedatangan kami ingin melihat secara langsung bagaimana hasil TMMD ini yang nantinya sebagai bahan evaluasi kedepan,” kata Kolonel Inf Jaelan, Senin (30/5/2022)

Pusterad menyatakan jika semua pelaksanaan TMMD dapat terwujud dari kerjasama aparat pemerintah, TNI dan Polri serta masyarakat sendiri.

“Dengan adanya TMMD semoga masyarakat selalu termotivasi dalam setiap kegiatan untuk membangun desanya lebih maju,” tutur Paban II/Puanter TNI Sterad Kolonel Inf Jaelan.

Kolonel Inf Jaelan juga mengucapkan terima kasih kepada instansi terkait dan pemda karena kegiatan TMMD Ke-133 Kodim 0721/Blora itu sudah terlaksana dengan baik di bawah komando Dandim 0721/Blora Letkol Inf Andy Soelistyo Kurniawan Putro, S.Sos., M.Tr (Han).

“Harapan saya kepada Dandim agar nantinya melibatkan pihak Pemda untuk pembangunan terkait jalan daerah terpencil,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Kolonel Inf Jaelan juga memberikan memotivasi kepada masyarakat serta berharap ada generasi muda desa yang menjadi tentara di masa depan.

Dia mengungkapkan bahwa Program TMMD telah berjalan selama 38 tahun yang awalnya dari tahun 1980 yaitu ABRI Masuk Desa (AMD).

Kegiatan TMMD diprogramkan khusus kepada pembangunan di pelosok desa karena sebagian besar masyarakat Indonesia banyak tinggal di pedesaan.

“Sasaran TMMD seperti pembuatan parit dan selokan, jembatan, pembangunan irigasi dan pembangunan mushalla saat ini telah mencapai 800 lebih di seluruh indonesia. Semoga apa yang kita harapkan dapat terwujud untuk rakyat yang adil dan makmur,” tandasnya.

Sebagai bentuk kepedulian, Kolonel Inf Jaelan juga membagikan sembako untuk masyarakat di Desa Pengkoljagong dan di akhir kunjungannya, Kolonel Inf Jaelan yang didampingi Bupati Blora dan Wadan Satgas TMMD Kodim Blora melihat lokasi pembangunan jalan dan pengurukan sirtu yang tengah dilaksanakan prajurit TNI bersama warga setempat.

Tentara Asli desa Tahunan, Kecamatan Sulur, Kabupaten Grobogan ini, menyampaikan bahwa hasil TMMD akan dibicarakan dengan Bupati Blora.

“Kepada pak Kades, Jalan kalau sudah jadi jangan ditutup, biar untuk meningkatkan perekonomian dipedesaan,” pesan Kolonel Inf Jaelan.

Kolonel Inf Jaelan menegaskan bahwa gotong royong itu hanya ada di desa, sebab di perkotaan sekarang sudah mulai berkurang, kadang sudah tidak ada.

“Makanya, di Balaidesa Pengkoljagong dipasangi Kampung Pancasila, itulah gotong royong,” imbuh Kolonel Inf Jaelan.

Sementara itu, Bupati Blora, H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kodim 0721/Blora yang konsisten menjalankan Program TMMD secara rutin di Bumi Samin ini.

“Langkah TNI dalam bentuk TMMD sangat membantu mempercepat pembangunan yang pada akhirnya meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Blora secara terpadu,” jelas Bupati H. Arief.

Bupati Blora menyatakan situasional pelaksanaan TMMD bisa dilaksanakan sebulan sekali sesuai kesiapan dan kemampuan di Blora, pungkasnya.

Kudnadi Saputro