blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memberi sambutan pada Silaturahmi dan Halal Bihalal Persatuan Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Kaffah dan warga NU di Pondok Pesantren Al Mustaqim Desa Purwodeso, Sruweng, Sabtu 28/5. (Foto:SB/Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyebut Kebumen International Expo yang akan berlangsung 25 Juni- 2 Juli 2022 di Alun-alun Kebumen merupakan even besar peserta 500 stan dan pengunjung mencapai 120.000.

Kebumen International Expo merupakan perhelatan strategis yang dipercaya bisa membangkitkan perekonomian masyarakat Kebumen dengan menghadirkan produk-produk unggulan UMKM, serta mendorong peningkatan wisata di Kebumen.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyampaikan hal tersebut saat mengadiri Silaturahnmi dan Hala Bihall Persatuan Pengasuh Pondok Pesantren Salafiah Kaffah (P4SK) Pusat bersama wara Nudi Pondaok ;anstren Al Mustaqim Desa Purwodeso, Kecamatan Sruweng, Sabtu (28/5) malam.

“Dengan dukungan lebih dari 56 ribu potensi Industri Kecil Menengah (IKM) yang tersebar di 449 desa dan 11 kelurahan, meliputi olahan makanan, hasil pertanian, kerajinan dan fashion, saya yakin ini bisa menjadi modal besar untuk mendongkrak perekonomian di Kebumen,”ujar Arif Sugiyanto.

blank
Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar bersama KH Yusuf Chudlori, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan KH M Dawamudin Masdar di Pondok Pesantren Al Mustaqim Purwodeso, Sruweng.(Foto:SB/Kominfo)

Silarurahmi danH ala Bihalal P4SK Pusatbersam warga NU Kebumen itu menghadirkan Rois Aam PBNU KH Miftachul Achyar. Dihadiri pula Pengasuh Pondok Pesantren Api Tegalrejo Magelang KH Yusuf Chudlori, serta Ketua PCNU Kebumen KH M Dawamudin Masdar.

Pertunjukan Seni Budaya Lokal

Menurut Bupati, dari sisi kebudayaan, masyarakat Kebumen juga mempunya banyak tradisi dan budaya yang bisa ditampilkan atau berpartisipasi pada Kebumen International Expo.”Pelaku seni, budaya pun kami berikan ruang untuk menampilkan seni kebudayaanya mereka,”jelasnya.

Guna memantik para pengunjung yang lain, Bupati menyebut, pihaknya juga akan mengundang musisi papan atas untuk menggelar konser di Kebumen. Group musik tersebut di antaranya Padi, Kerispatih, Slank, Kotak, Rhoma Irama, Dmasiv dan lainnya.

“Para artis Ibu Kota ini sebagai pemantik agar masyarakat lain dari luar Kebumen datang ikut menyaksikan kemudian melakukan transaksi ekonomi dengan belanja dari produk-produk UMKM yang sudah kami sediakan stannya,”terang Arif Sugiyanto.

Setidaknya Bupati menyebut ada 500 peserta yang ikut dalam Kebumen International Expo. Mereka terdiri dari instansi pemerintahanprovinsi maupun daerah, BUMN/BUMD, asosiasi industri, perdagangan, dan pariwisata.

Kemudian perbankan, lembaga keuangan dan pembiayaan, pelaku UMKM, pariwisata, pelaku seni, atau budayawan, otomotif dan sebagainya. Pihak pemerintah menargetkan, eventini bisa mendatangkan 120.000 pengunjung.

Bupati berharap Kebumen International Expo bisa memberikan keberkahan bagi masyarakat Kebumen dengan peningkatan eknonomi mereka. Produk-produk UMKM Kebumen semakin dikenal, sekaligus untuk merangsang para investor untuk menanamkan sahamnya di Kebumen.

Komper Wardopo