blank
Menhub Budi Karya Sumadi beserta Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sedang berada di KRL dalam rangka mengecek progres proyek elektrifikasi Jalur KA Solo Balapan – Palur, Kamis (26/5).. Foto: Dok/Humas Pemkot Ska

22 Perjalanan per Hari

Masih dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Surakarta  Gibran Rakabuming Raka mengatakan menyambut baik  perpanjangan layanan KRL dari Solo Balapan-Palur. Angkutan massal KRL merupakan angkutan yang terjangkau, bersih, dan tepat waktu.

“Dengan adanya penambahan jalur ini diharapkan akan semakin meningkat traffic atau jumlah penumpangnya,” katanya sembari berharap, layanan KRL dapat terus dikembangkan di kawasan aglomerasi Jogja, Solo, Semarang dan sekitarnya.

Secara terpisah diperoleh informasi, KRL Solo-Jogja telah melayani perjalanan sebanyak 22 perjalanan/hari, dengan rata-rata penumpang sebanyak 21 ribu penumpang per hari. Secara kumulatif telah mengangkut sebanyak 3,09 juta penumpang, sejak beroperasi pada Januari 2021.

Lima tahun mendatang layanan KRL akan terus dikembangkan sampai ke Kutoarjo dan Madiun.

Sejumlah upaya integrasi antarmoda telah dilakukan untuk memberikan kemudahan masyarakat mengakses angkutan massal di Jogja-Solo.

Di antaranya yaitu, jembatan penghubung/sky bridge sepanjang 630 meter menghubungkan Stasiun Solo Balapan dengan Terminal Bus Tirtonadi. Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jogja yang terintegrasi pelayanannya di Stasiun Yogyakarta.

BRT Bus Solo Trans (BST) yang terhubung dengan Stasiun Purwosari, dan integrasi layanan KRL Yogyakarta-Solo dengan KA Perintis Purwosari-Wonogiri dan KA Bandara Internasional Adi Sumarmo.

Bagus Adji