blank
Salah satu peragaan pencak silat Pagar Nusa dalam prosesi Pelantikan Pengcab PSNU Kudus. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Potensi yang dimiliki Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PC PSNU) Pagar Nusa Kudus luar biasa. Raihan prestasi di tingkat provinsi maupun nasional tak pernah absen ditorehkan. Keberhasilan ini menjadi kebanggaan sekaligus motivasi bagi Bupati Kudus Hartopo yang baru saja dikukuhkan sebagai anggota kehormatan.

“Suatu kebanggaan saya dikukuhkan menjadi anggota kehormatan Pagar Nusa Kudus. Selama ini rekam jejak Pagar Nusa Kudus sudah luar biasa,” ungkapnya ditemui usai acara di DPRD Kudus, Kamis (28/5).

Seperti namanya yakni pagar NU dan bangsa, bupati mengapresiasi peran Pagar Nusa yang sangat strategis. Sebagai pagar NU, anggota PSNU ikut mengawal kiai dan sebagai pagar bangsa yang ikut menjaga keutuhan NKRI. Tugas luar biasa itu diharapkan turut berdampak pada kondusifitas Kabupaten Kudus.

“Pagar Nusa ini seperti pagarnya nusantara yang ikut menjaga keamanan NKRI layaknya TNI. Begitu pula menjaga romo kiai. Semoga Kudus semakin kondusif,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilangsungkan pula pelantikan Pimpinan Cabang Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PC PSNU) Pagar Nusa Kabupaten Kudus masa khidmah 2021 -2026. Kepada pengurus yang baru, Hartopo menantikan transformasi dan peningkatan prestasi Pagar Nusa.

“Selamat kepada pengurus yang baru dilantik, semoga semakin memajukan Pagar Nusa,” ucapnya

Melantik kepengurusan yang baru, Ketua Umum Pimpinan Pusat Pencak Silat Nadlatul Ulama (PP PSNU) Pagar Nusa Muchammad Nabil Haroen mengungkapkan punya kesan tersendiri di Kudus. Makanya, meskipun agak kurang enak badan, dirinya menyempatkan diri bertandang ke Kudus. Salah satunya energi dari ulama dan kiai Kabupaten Kudus.

“Energi positif dari ulama dan kiai Kudus memberikan kesan tersendiri dan memotivasi saya untuk berkunjung ke sini. Meskipun saya agak flu hari ini,” paparnya.

blank
Pengurus Pengcab PSNU Kudus saat menjalani prosesi pelantikan. Foto:Ali Bustomi

Sementara itu, Ketua DPRD Kudus Masan yang juga dikukuhkan sebagai anggota kehormatan Pagar Nusa merasa terhormat. Dirinya meminta Pagar Nusa bersama dirinya dan bupati bersatu padu menciptakan iklim pemerintahan yang kondusif.

“Saya siap mendukung memajukan Pagar Nusa. Ingatkan kami juga dalam membangun Kudus,” bebernya.

Ketua PC PSNU Pagar Nusa Kudus yang baru Husnul Khitam Qosim berkomitmen akan meningkatkan prestasi Pagar Nusa lebih baik lagi. Dirinya yang menjabat ketua pada periode kedua ini akan melanjutkan berbagai inovasi dan melakukan terobosan positif untuk kemajuan PSNU Pagar Nusa.

“Berbagai prestasi telah diraih oleh Pagar Nusa Kudus. Kami akan melanjutkan dan meningkatkan yang terbaik,” tutupnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai tamu penting. Salah satunya KH. Ulil Albab Arwani yang turut memberikan ceramah dan doa.

Ali Bustomi