blank
Para peserta Kemah Bakti Merawat Bumi (Foto : Muid)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Ada yang menarik yang dilakukan oleh siswa SDN 1 Geneng, Kecamatan Batealit, Jepara. Karena uang tabungan tidak cukup untuk piknik ke Lamongan, akhirnya  mereka  menggelar kegiatan  yang dinamai Kemah Bakti Merawat Bumi.  Kemah ini merupakan wujud Dasa Darma ke dua, yakni cinta alam dan kasih sayang sesama manuasia.

blank
Membuat pesan menjaga kebersihan melalui media sosial (Foto : Muid )

Kegiatan yang berlangsung   2 hari disebuah obyek wisata di  Desa Sumosari ini menurut Kepala Sekolah SDN 1 Geneng, Muid bertujuan untuk membangun karakter cinta lingkungan. “Disamping itu kegiatan ini juga bertujuan untuk menanamkan kepada para siswa agar tertanam kebiasaan yang baik dalam hal mengelola sampah,” ujar Muid.

blank
Salah satu kgiatan yang diadakan adalah melukis

Ia juga menjelaskan lokasi perkemahan yang berada di obyek wisata bukit Somosari Kecamatan Batealit ini walaupun baru, tetapi animo pengunjung yang datang ke lokasi ini setiap harinya cukup tinggi.

Hal ini di menjadi perhatian para siswa peserta kemah,karena tanpa disadari tempat tempat yang menjadi bertemunya orang banyak,pasti akan menghasilkan sampah yang banyak pula. Yang paling memprihatinkan adalah kesadaran warga untuk membuang sampah terutama sampah plastic.

blank
Memungut sampah, belajar untuk membangun karakter cinta lingkungan .(Foto : Muid)

Dalam kegiatan tersebut beberapa peserta juga berkesempatan mewawancarai pengunjung yang kebetulan hari itu datang ke lokasi. Juga ada salah satu anak yang menarasikan kegitan pungut sampah di lingkungan obyek wisata melalui video dan kemudian menyebarkan melalui media sosial. Dengan harapan agar kelestarian alam menjadi kebutuhan bagi para halayak yang berkunjung maupun para pengelola  obyek wisata.

blank

Kegiatan yang dilaksanakan dalam kemah ini pendirian tenda, upacara pembukaan, sholat magrib dan istighosah, makan malam, api unggun dan pentas seni, pemutaran film dokumenter tentang lingkungan hidup. Juga ada  lari pagi dan olahraga ringan, bermain game,   menggambar dan literasi,   field trip/mengunjungi daerah hilir sungai yang bener benar masih alami serta kegiatan  pungut sampah.

blank

Hadepe