Komitmen Perusahaan
”Kampanye nihil gratifikasi juga bentuk komitmen perusahaan untuk menjadikan GCG sebagai budaya pengelolaan perusahaan yang memegang teguh prinsip transparansi dan akuntabilitas. Selain itu, menguatkan corporate value dan kepercayaan stakeholder,” kata Jibril dalam siaran pers Rabu (25 Mei 2022).
Lanjut Jibril, sesungguhnya kampanye zero gratification sudah rutin dilaksanakan di perusahaan, tidak hanya pada saat Hari Raya Idul Fitri atau hari raya besar keagamaan lainnya.
Namun demikian, tegas dia, saat perayaan Idul Fitri kampanye ini lebih digencarkan mengingat adanya kebiasaan di masyarakat Indonesia untuk saling berkirim hadiah atau parsel.
Pihaknya meminta seluruh organ perusahaan dan stakeholder eksternal agar tidak memberi dan/atau menerima hadiah yang terindikasi sebagai gratifikasi yang dapat menimbulkan benturan kepentingan dalam pengambilan keputusan oleh perusahaan.
Adapun model kampanye zero gratifikasi dilakukan dengan sosialisasi melalui email imbauan dan Surat Edaran Direksi, trivia Goricotoon, running text atau flyer pada bigscreen gedung-gedung area pabrik, sosial media, website perusahaan maupun berbagai media massa. Selain sosialisasi melalui saluran tersebut di atas juga dilakukan sosialisasi tentang Pedoman Perilaku Etika melalui webinar atau e-learning secara masif.
Kepatuhan PTSG terhadap regulasi pengelolaan perusahaan, tambah Jibril, membuat perusahaan mendapatkan memborong penghargaan, yaitu The Best GRC For Corporate Governance & Compliance 2021, The Best CEO dan The Best Corporate Secretary pada ajang GRC & Performance Exellence Award 2021.
Akhir tahun 2021 juga dilakukan Asesmen GCG di perusahaan, dengan pencapaian skor 92,692 atau “Sangat Baik” yang mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya sebesar 87,56.
wied