blank
Masjid Khalifaf di SMPN 2 Kudus yang baru diresmikan. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – SMP Negeri 2 Kudus meresmikan masjid dilingkungan sekolahnya yang dibangun secara swadana. Peresmiab masjid yang diberi nama ‘Khalifah’ ini dihadiri secara langsung Bupati Kudus HM Hartopo, Rabu (25/5).

Kepala SMPN 2 Kudus, Sujarwo mengungkapkan masjid sekolah tersebut rencana awal dibangun dengan anggaran Rp 350 juta. Namun dalam perkembangannya, jumlah amal jariyah yang masuk ternyata sangat besar sehingga saat ini anggaran yang sudah tersedot untuk pembangunan masjid sudah menembus angka Rp 500 juta.

“Alhamdulillah, banyak donatur baik dari alumni hingga perusahaan swasta ikut menyumbang. Hingga kini masjid sudah selesai dibangun,”tandasnya

Mengenai pemilihan nama Khalifah sebagai nama masjid, menurut Sujarwo Khilafah artinya adalah pemimpin. Sehingga, melalui masjid ini diharapkan para siswa nanti akan menjadi pemimpin di tingkatan apapun.

“Khalifah itu artinya pemimpin, jadi nanti kami berharap para siswa kelak di masa depan bisa menjadi calon-calon pemimpin,”paparnya

Sementara, Bupati Kudus HM Hartopo juga mengucapkan selamat dan sukses untuk SMP 2 Kudus karena di hari ulang tahunya yang ke 62 tahun dapat memiliki masjid impian. Pihaknya sangat mengapresiasi atas peresmian masjid tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi dengan diresmikannya Masjid Khalifah di SMP 2 Kudus yang bertepatan dengan ulang tahunya. Ini merupakan prestasi yang luar bisa karena belum semua sekolahan ada masjid sebagai sarana ibadah,” ungkapnya.

Terakhir, pihaknya berharap agar keberadaan masjid ini dapat digunakan semaksimal mungkin untuk sarana meningkatkan kualitas ibadah.

Bupati juga mengatakan pendidikan di Kabupaten Kudus kian hari kian mengukir prestasi. Terbukti banyak sekolah yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Kudus sekaligus almamaternya melalui keberhasilan yang diraihnya.

Hartopo berpesan pada sekolah favorit di Kudus agar selalu menghadirkan inovasi agar tidak menurunkan kualitas pendidikan yang telah diraihnya.

“Dengan adanya sistem zonasi yang diterapkan, saya minta inovasi selalu dihadirkan untuk tetap dapat mencetak siswa berprestasi agar ikon sebuah sekolah dapat tetap terjaga,” harapnya.

“Di hari ulang tahun SMP 2 Kudus ini ada kado terindah yang berhasil diberikan oleh alumninya yang bernama ananda Meta. Ia berhasil mengharumkan nama almamaternya melalui prestasinya sebagai anggota paskibra mendatang,” jelasnya.

Selain itu di hari ultahnya, SMP 2 Kudus berhasil mendirikan dan meresmikan Masjid Khalifah.

“Alhamdulillah Masjid ini telah diresmikan bupati Kudus, semoga dapat memberikan manfaat dan menjadi ladang ibadah bagi orang-orang yang memakmurkan masjid ini,” pungkasnya.

Ali Bustomi