Kewenangan empat pejabat kepala daerah tersebut berbeda disbanding kepala daerah hasil pilkada. Artinya, para pejabat bupati atau wali kota ini tidak boleh mengganti dan tidak boleh mencabut izin agar stabilitas pemerintahan bisa berjalan.

“Ada empat yang kita siapkan dan tadi pagi saya komunikasi dengan Mendagri. Beliau memberikan briefing kepada kami untuk memberikan rambu-rambu kepada para pejabat ini,” ujar Ganjar Pranowo.

Tidak hanya itu saja, Ganjar Pranowo juga meminta kepada pejabat kepala daerah ini untuk menjaga integritas dalam jabatannya. Harapannya, orang nomor satu di Jawa Tengah ini dapat bekerja dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya minta jaga integritas karena banyak yang kemudian bermain-main. Layani masyarakat dengan baik, karena mereka semua PNS, saya minta kerja dengan baik, yang profesional. Saya ingatkan juga, semua punya gerakan antikorupsi, ini kan bisa jadi dua tahun menjabat,” tambah Ganjar.

Sama halnya dengan kepala daerah hasil Pilkada. Ganjar Pranowo juga meminta kepada empat pejabat tersebut agar bisa lebih siap melayani masyarakat. Salah satunya adalah membuka nomor yang dapat diakses oleh masyarakat.

Dengan harapan, selama tiga bulan, para pejabat dapat membuat laporan dan nantinya akan menjadi bahan untuk evaluasi.

“Laporan yang ada, akan kita evaluasi. Jadi, kalau kerjanya bagus, ya terus. Kalau tidak, maka kita akan usulkan nanti untuk mereka dievaluasi. Pesan paling penting itu. Insyaallah dari empat pejabat ini sudah masuk dalam TPA Presiden,” tambah Ganjar Pranowo.

“Jadi, saya kira sudah diseleksi betul oleh pemerintah pusat,” lanjut suami dari Siti Atikoh tersebut.

Persoalan Kemiskinan dan Ekonomi

Ganjar Pranowo juga memberikan pesan kepada keempat pejabat kepala daerah ini untuk memperhatikan persoalan kemiskinan dan ekonomi, termasuk pada pasca pandemi ini.

“Batang ini ada kawasan industri yangs edang dikerjakan, saya minta untuk menjaga. Jangan sampai mempersulit, jangan sampai ada pungli dan awas hati-hati conflict of interest (konflik kepentingan), khususnya yang berkaitan dengan ekonomi,” ungkapnya.

“Rasa-rasanya sih beliau siap dan nanti saya akan segera turun, sehingga apa yang sudah jadi komitmen para investor itu berjalan dengan baik,” tambahnya.

wied