blank
Pebalap sepeda Indonesia Aiman Cahyadi kembali menyumbang medali perak pada nomor Individual Road Race Putra SEA Games Hanoi, Vietnam.

VIETNAM (SUARABARU.ID) – Pebalap sepeda Indonesia Aiman Cahyadi kembali menyumbang medali perak pada nomor Individual Road Race Putra SEA Games Hanoi, Vietnam.

Dalam perlombaan yang berlangsung di Hoa Binh, Vietnam, Sabtu (21/5/2022), Aiman menyentuh garis finis kedua dengan catatan waktu 3 jam 48,22 menit dengan kecepatan rata-rata 41,63 km/jam.

Perlombaan kali ini berlangsung dramatis. Khususnya, saat tiga kilometer jelang finis, di mana empat rider saling adu cepat untuk menjadi yang terdepan.

Hingga akhirnya, Aiman harus puas di posisi kedua di belakang pesepeda asal Malaysia Muhammad Nur Aiman Mohd Zariff yang membawa pulang emas.

Berdasarkan hasil lomba, tidak ada gap waktu dari empat pembalap terdepan tersebut. Posisi ketiga di tempati atlet Thailand Naviti Liphongyu.

Posisi keempat adalah pebalap sepeda asal Singapura, Boon Kiak Yeo.

Kemudian kelima adalah atlet Indonesia Bernard Benyamin Van Aert yang mencatatkan waktu 3 jam 51,17 menit atau terpaut 2,55 detik dari rombongan pertama.

Aiman mengatakan hasil kali ini tak lepas dari kerja sama antar atlet Indonesia. Secara keseluruhan, Merah Putih menurunkan lima wakil, tiga lainnya adalah Yudha Terry Kusuma, Jamalidin Novardianto, dan, Selamat Juangga yang finis di urutan 23, 24, dan 25 dengan catatan waktu 4 jam 04,40 menit.

“Terima kasih banyak, medali perak ini saya persembahkan untuk teman-teman saya yang bekerja keras, hari ini. Karena tanpa mereka saya bukan siapa-siapa,” kata Aiman usai lomba.

Perjuangan atlet balap sepeda Indonesia memang luar biasa. Mereka harus mengayuh sepeda sejauh 162,25 km dengan kondisi hujan.

“Kesulitan, hari ini memang hujan dan licin. Jadi harus berhati-hati. Bernard sempat jatuh. Namun, berkat kerja sama tim yang sungguh luar biasa akhirnya bisa meraih perak. Hasil ini juga tak lepas dari persiapan dengan mengikuti kompetisi di Tajikistan jadi bisa mengukur kemampuan dan juga performa,” ujar Aiman menambahkan.

Ya, semua pesepeda Indonesia yang turun kali ini layak mendapat apresiasi karena turut andil dalam membantu Aiman mempersembahkan medali perak pada lomba, hari ini.

Bahkan, Bernard sempat terjatuh dan mengalami insiden ban bocor yang menguras banyak waktu. Hebatnya, dia mampu kembali ke rombongan terdepan untuk membantu Aiman.

Pelatih kepala Timnas Balap Sepeda Dadang Haries Poernomo mengatakan semua pebalap sudah melakukan yang terbaik.

“Anak-anak luar biasa dan telah berjuang. Memang sejak awal, setiap tim agresif dan aktif. Strategi kami berjalan dengan apa yang kami rencanakan. Tetapi memang, pas di akhir kecolongan dari Malaysia. Tetapi anak-anak sudah bagus dan bekerja keras,” kata Dadang.

Adapun bagi Aiman, ini merupakan perak kedua pada SEA Games Vietnam. Sebelumnya dia juga meraih medali yang sama saat turun pada nomor Individual Time Trial (ITT) putra.

Dengan tambahan satu perak pada hari ini, secara keseluruhan tim balap sepeda telah menyumbang tiga emas dan empat perak untuk Kontingen Indonesia di SEA Games Vietnam.Wur

Berikut daftar peraih medali cabang balap sepeda Indonesia di SEA Games Vietnam:

Emas
1. Tiara Andini Prastika (MTB-Downhill Putri)
2. Zaenal Fanani (MTB-XCO Putra)
3. Ayustina Delia Priatna (Road-ITT Putri)

Perak
1. Andy Prayoga (MTB-Downhill Outra)
2. Ihza Muhammad (MTB-XCO Putra)
3. Aiman Cahyadi (Road-ITT Putra)
4. Aiman Cahyadi (Road Race Putra)

Muha