Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih melakukan tabur bunga di pusara Taman Makam Pahlawan Bumi Wira Bhakti didampingi Ketua DPRD Sarimun, Kapolres AKBP Burhanuddin dan jajaran Forkompimda, Jumat 20/5.(Foto:SB/Humas Polres).

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Jajaran Forkopimda Kebumen mengikuti Upacara Hari Kebangkitan Nasional di Pendopo Kebumen, Jumat (20/5/2022).

Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih selaku Inspektur upacara dalam sambutannya menyatakan, Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya dimaknai sebagai seremonial saja.

“Mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional pada tanggal 20 Mei 1948. Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia di masa itu,”ungkap Ristawati.

“Semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa,”imbuhnya.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin hadir pada Upacara Harkitnas di Pendopo Rumah Dinas Bupati serta ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Wira Bhakti bersama segenap Forkompimda.

Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin bersama Ketua DPRD Sarimun, Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih dan Forkompimda pada Harkitnas di Taman Makam Pahlawan Kebumen, Jumat 20/5.(Foto:SB/Humas Polres)

Setelah upacara di halaman Pendopo, kegiatan dilanjutkan ziarah dan tabur bunga di pusara TMP Bumi Wira Bhakti Kebumen di Jalan Tentara Pelajar.

Pelaksanaan ziarah ini dilaksanakan selain untuk mengenang jasa para Pahlawan yang telah gugur, juga untuk menumbuhkan Nilai Kepahlawanan sebagai generasi penerus.

Ziarah dan tabur bunga dipimpin ketua DPRD Kebumen Sarimun, para peserta ziarah makam mendoakan arwah para pahlawan dan melakukan tabur bunga.

Ziarah makam dan mendoakan para pahlawan merupakan satu di antara kegiatan yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional, yakni melakukan ziarah.

Komper Wardopo