blank
Ilustrasi kemasan produk kuliner. Foto: Dok/Natasya Novy Sari, Falkutas Ekonomi Unwahas Semarang

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apa sih kemasan kekinian yang lagi hits? Ternyata, kemasan bisa membuat produk makin populer.

Dari kemasan bisa mewakili isi dari produknya. Karena desain kemasannya kreatif, produknyapun jadi estetik. Yuk simak beberapa hal di bawah ini.

1. Pakai ukuran yang sesuai atau pas
Pemakaian dengan ukuran yang sesuai merupakan hal yang penting, karena disitu produk akan kelihatan estetika secara langsung ataupun di dalam foto.

Jenis bahan yang digunakan pun memiliki variasi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau jenis produk kemasan tersebut.

2. Fitur yang sesuai atau tepat
Ini berkaitan dengan jenis kemasan produknya, misalnya kemasan berfitur zipper sebagai penutupnya, jadi semakin mudah untuk dibuka dan ditutup. Dengan demikian, produk bakal bertahan lebih lama walaupun sudah dibuka karena bisa ditutup lagi.

3. Pilih bahan yang sesuai dengan produk
Ini penting banget, sebelum memutuskan memilih kemasan produk. Pastikan bahannya sudah sesuai dengan produknya.

Bahan yang digunakan mempengaruhi kualitas produk tersebut. Selain kemasan dengan desain menarik, material yang digunakan harus dipikirkan pula dengan standing pouch. Ini bisa menentukan harga jual lebih tinggi dengan desain yang menarik, bakal bikin produk kamu terlihat makin eksklusif.

4. Desain custom
Untuk meningkatkan minat konsumen, kelebihan dari kemasan ini bisa dicetak secara custom sesuai dengan keinginan konsumen, dengan menggunakan warna-warna yang saat ini sedang booming, agar lebih oke estetikanya.

Selain itu, cantumkan informasi kontak agar makin terkenal produknya. Itulah contoh desain kemasan produk, semoga bermanfaat.

Oleh: Natasya Novy Sari, Falkutas Ekonomi Prodi Manajemen, Universitas Wahid Hasyim Semarang.