blank
Atlet pencak silat Kudus saat berlaga di POPDA Kabupaten Maret silam. Foto:dok/Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) targetkan semua atlet yang diterjunkan di ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) eks Karesidenan Pati bisa memberi hasil maksimal.

Total sebanyak 135 atlet yang akan menjadi kekuatan kontingen Kabupaten Kudus di even yang juga menjadi ajang kualifikasi dalam POPDA tingkat Provinsi Jateng mendatang.

Kabid Olahraga pada Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kudus, Minan Mochammad mengungkapkan, dari hasil pendaftaran dan verifikasi, sebanyak 135 atlet Kudus dinyatakan lolos.

“Proses pendaftaran dan verifikasi berjalan lancar dan alhamdulillah, semua atlet yang kami daftarkan lolos verifikasi,”kata Minan Mochammad, Jumat (20/5).

Minan mengungkapkan, usai pendaftaran, akan dilaksanakan technical meeting (TM) yang akan dilaksanakan pada Sabtu (21/5). TM dilaksanakan untuk mendapatkan penjelasan mengenai teknis dan detail pelaksanaan POPDA eks Karesidenan.

Minan menambahkan, para atlet tersebut nantinya akan diterjunkan dalam 10 cabang olahraga yang dipertandingkan, yakni sepakbola, sepak takraw, voli indoor, voli pasir, bola basket, bola tangan, futsal, pencak silat, taekwondo dan karate.

Atlet yang diterjunkan disyaratkan maksimal kelas XII atau kelahiran 1 Januari 2005 atau setelahnya.

Sementara, Kasi Pengembangan dan Pemberdayaan Olahraga (PPOR) pada Disdikpora Kudus, Widhoro Heriyanto mengatakan, dari 10 cabor yang dipertandingkan, kontingen Kudus mendapatkan wild card untuk dua cabor sehingga tak perlu ikut kualifikasi POPDA eks Karesidenan.

Dua cabor yakni voli indoor putera dan voli pasir putera lolos secara otomatis dalam POPDA tingkat Provinsi Jateng.

“Dua cabor tersebut tak perlu kualifikasi di tingkat eks Karesidenan. Untuk voli pasir putera otomatis lolos karena berstatus juara Kejurprov dan voli indoor putera berstatus runner up,”tandasnya.

Sementara, untuk cabor-cabor lain, kata Widhoro, pihaknya optimistis bisa meraih hasil maksimal sehingga berhak mendapatkan tiket di POPDA tingkat Provinsi Jateng mendatang.

“Kami terus menggenjot persiapan, dan semoga saat berlaga nanti semua atlet bisa memberikan hasil yang optimal,”tandasnya.

Tm-Ab