Para peserta upacara Hari Jadi Ke 281 Kabupaten Wonogiri, serentak memberikan applaus saat Hary Black dan Elang Kemis berhasil melakukan manuver atraktif dirgantara. Yakni sukses menerbangkan bendera dari langit.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tepuk tangan meriah diberikan sebagai support kepada dua atlet paralayang yang berhasil membuat manuver dirgantara secara atraktif. Yang mampu menerbangkan bendera Merah Putih dan bendera Hari Jadi Wonogiri dari langit.

Keduanya adalah Harry Black yang menerbangkan bendera Merah Putih, dan Elang Kemis yang melayang terbang di langit dengan bendera Hari Jadi Kabupaten Wonogiri.

Manuver dirgantara yang atraktif itu, berlangsung Kamis (19/5) saat digelar upacara puncak peringatan Hari Jadi Ke 281 Kabupaten Wonogiri Tahun 2022. Upacara digelar di pelataran parkir baru objek wisata Waduk Gajahmungkur Wonogiri.

Lokasi upacara berada di bibir barat Pantai Sendang Asri, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri Kota (Kilometer 7 Wonogiri-Wuryantoro). Para nelayan Waduk Gajahmungkur Wonogiri, ikut upacara dengan khidmat dari atas perahu mereka masing-masing yang dijejer rapi di bibir pantai.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo tampil menjadi inspektur upacara. Ikut hadir Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Deny Octavianto, Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto, Kajari Tailani Moehsad, Ketua Pengadilan Negeri Rais Torodji, Wakil Bupati Setyo Sukarno dan Ketua DPRD Sriyono.

Bersama para pimpinan dinas instansi dan peserta upacara lainnya, jajaran Forkompimda ini hadir mengenakan busana Kejawen.

Begitu melihat keberhasilan duet atlet paralayang Harry Black dan Elang Kemis menerbangkan bendera dari langit, semua peserta upacara serentak memberikan applaus.

Penghargaan

Sekda Wonogiri Haryono selaku Ketua Panitia Hari Jadi 2022 melalui Kabag Tata Pemerintahan (Tapem) Retno dan Kabag Prokopim Mursid Suroto, menyatakan, pemilihan lokasi upacara ini sekaligus untuk meresmikan purnabangun pelataran parkir baru yang jadi ikon objek wisata tirta Waduk Gajahmungkur.

Upacara peringatan Hari Jadi Ke 281 Kabupaten Wonogiri Tahun 2022, ditandai pula dengan pemotongan tumpeng oleh Ketua DPRD Sriyono (kiri) diserahkan kepada Bupati Joko Sutopo.

Peresmiannya ditandai dengan penandatanganan prasasti di lempeng batu marmer dan pemotongan tumpeng.

Upacara peringatan Hari Jadi Ke 281 Kabupaten Wonogiri, Kamis (19/5), juga digelar serentak di 24 kecamatan se Kabupaten Wonogiri, dan di masing-masing dinas instansi di Kabupaten Wonogiri. Termasuk di sejumlah sekolah.

Bupati Joko Sutopo, menyatakan, melalui momentum Peringatan Hari Jadi Ke 281 Kabupaten Wonogiri, segenap komponen masyarakat diseru bangkit dengan harapan dan semangat baru. Untuk mengejar program-program dan rencana yang sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Kabag Prokopim Pemkab Wonogiri Mursid Suroto melalui Juru Warta Esti, mengatakan, dengan semangat kebersamaan Go Nyawiji Mbangun Wonogiri, setidak-tidaknya diterima lima penghargaan prestasi tingkat nasional dan regional.

Yakni penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama tujuh tahun secara terus menerus atas keberhasilan melakukan tata kelola anggaran. Penghargaan sebagai kabupaten terbaik II tingkat nasional dan Kabupaten Terbaik I dalam Perencanaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Jateng Tahun 2022.

Wonogiri juga beprestasi sebagai kabupaten terbaik III dalam Muserbang Nasional 2022, kategori perencanaan dan pencapaian terbaik tingkat kabupaten.

Berikut menerima penghargaan kategori hasil baik untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Juga berprestasi masuk 10 besar inovasi terbaik aplikasi kependudukan Telunjuk sakti daerah tercepat se Indonesia.

Bambang Pur