blank
Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho SH M.Hum tengah memberikan keterangan terkait rencana pelaksanaan Perkuliahan Tatap Muka (PTM) secara penuh awal semester ganjil tahun akademik (TA) 2022/ 2023) disela sela meninjau pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Fakultas Kedokteran setempat. Foto: Dok/Humas UNS.

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berencana akan melaksanakan Perkuliahan Tatap Muka (PTM) secara penuh awal semester ganjil tahun akademik (TA) 2022/ 2023).

Selama penyelenggaran PTM secara penuh, mahasiswa tetap diwajibkan mengikuti protokol kesehatan (prokes) covid-19.

“Kita akan memulai kuliah secara luring keseluruhan. Kalau sekarang ini ‘kan masih hybrid dan sekarang ini sudah UTS. Jadi, kami tidak mewajibkan untuk semua masuk,” kata Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho SH. MHum, Selasa (17/5/2022).

Saat ini , lanjut Rektor Prof Dr Jamal Wiwoho, ketika ditemui saat meninjau pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Fakultas Kedokteran (FK) UNS, pergruan tinggi yang dipimpin sedang melakukan persiapan menyambut PTM penuh pada semester ganjil tahun akademik 2022/2023.

Persiapan yang meliputi sarana dan prasarana (sarpras) supaya mahasiswa, tenaga kependidikan (tendik), dan dosen dapat mengikuti PTM penuh dengan baik. Pada saat yang sama, UNS mempersiapkan beberapa hal, pihaknya meminta mahasiswa mulai mencari indekos atau kontrakan untuk digunakan selama berkuliah di Kota Surakarta.

Diakui persiapan pelaksanaan untuk luring  tidak gampang. Setelah dua tahun tidak melakukan perkuliahan luring (penuh), secara internal harus ada persiapan supaya pelaksanaannya menjadi lebih baik.

Mahasiswa tetap diwajibkan mengikuti protokol kesehatan (prokes) Covid-19 selama penyelenggaraan PTM penuh. Seperti tetap memakai masker, sudah divaksinasi Covid-19 dosis 1 dan 2, dan vaksin booster. Syarat ini masih diberlakukan supaya kampus tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19. “Saya rasa sekarang harus booster juga. Prokes harus dipenuhi,” jelas Rektor UNS.

Bagus Adji

 

Luring;