blank
Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merang Indonesia (PMI) Unit Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dasar gabungan (Diklatsargab), baru-baru ini.

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merang Indonesia (PMI) Unit Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan dasar gabungan (Diklatsargab), baru-baru ini.

Kegiatan yang menjadi program kerja wajib UKM KSR tersebut mengambil tema ”Menuju Relawan Yang Berkualitas”. Kegiatan ini diikuti tiga perguruan tinggi yaitu USM, Upgris, dan Unwahas.

”Kegiatan ini bertujuan untuk mendidik dan memberikan pelatihan bagi anggota calon sukarelawan muda,” kata Komandan KSR PMI Unit USM, Wuthia Rachmawati Pamungkas.

Dia berharap, kegiatan serupa digelar rutin setiap tahun agar para anggota KSR PMI bisa cepat dan tanggap dalam membantu korban.

”Kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan setiap tahun, sehingga para anggota KSR PMI dapat cepat dan tanggap dalam membantu korban ketika terjadi peristiwa atau bencana,” tandas Wuthia.

Narasumber pada kegiatan ini adalah Ketua PMI Kota Semarang, Dr dr Shofa Chasani SpFa SpPD-KGH Finasim. Menurut Shofa, anggota KSR PMI harus tangkas dan berwawasan luas.

”Tangkas berarti cekatan dalam melakukan sesuatu. Berwawasan luas berarti memiliki wawasan yang luas tentang ilmu-ilmu kepalangmerahan dan kemanusiaan,” ungkap Shofa.
Dia mengatakan, materi kegiatan ini tidak hanya kepalangmerahan, mereka juga dididik secara mental dan fisiknya. Fisik dilatih untuk siap menahan beban berupa korban atau barang lain.

Sedangkan mental harus kuat agar dapat menangkis segala permasalahan yang datang seketika, seperti bencana dan lain-lain yang dapat menjadi traumatis bagi para korban.
”Sebab jiwa atau fisik yang kuat terdapat mental yang kuat,” ungkapnya.

VV/Muha