blank
Anggota Pramuka ikut mengatur lalu lintas dalam menjadikan kelancaran arus mudik. Foto: Dok Kwarda Jateng

Pembagian sembako juga dilakukan Kwarcab Cilacap. Dari total 500 paket sembako, beberapa di antaranya dibagikan kepada satu (1) Pondok Pesantren (ponpes), 1 Panti Yatim Piatu, serta beberapa pihak di sekitar lingkungan Sanggar Pramuka Kwarcab dan lingkungan Pengurus/Andalan Kwarcab.

Sebagaimana kegiatan umum, maka kegiatan pos pantau pemudik termasuk di rest area, pengantaran bagi pemudik yang membutuhkan, pemantauan mobile di lingkungan Kota Cilacap dan obyek wisata juga dilakukan.

Sementara di Kebumen dan Purworejo, kegiatan APPKBL berfokus pada membantu pengaturan lalu lintas di lokasi-lokasi strategis. Posko menginduk pada Pos Pam Lebaran dengan beberapa pihak terkait, seperti kepolisian, orari, dll.

Duta Perubahan Perilaku

Dari semua kegiatan posko, berupaya menjadi Duta Perubahan Perilaku (DPP) menjadi ruh para petugas posko, terutama adik-adik Penegak (T) dan Pandega (D). Maka tak mengherankan saat Tim Monitoring APPBKL Kwarda Jateng 2022 menyambangi Posko, adik-adik petugas posko langsung membentuk kelompok.

Bersama Tim Monitoring APPKBL dan DPP Kwarda Jateng, Eko GW Pramukawati , adik-adik mendaftar DPP melalui https://bit/ly/DPPPramuka  Sedangkan yang sudah berhasil mendaftar, juga langsung mengelompok untuk diskusi dan sharing tentang cara pelaporan melalui  https://linktr.ee/SatgasPerubahanPerilaku

Pada kesempatan tersebut Eko menjelaskan, bahwa dengan ber-DPP bisa membantu orang lain untuk meningkatkan kesadaran taat protokol kesehatan. Sembari berbagi masker, DPP mengajak orang lain untuk tetap waspada, hati-hati dan bijaksana dalam menyikapi kahanan.

“Sembari piket di posko lebaran dengan berbagai lokasi, silahkan ber-DPP, dari yang mudah seperti berbagi masker, mengajak orang prokes dengan 5M, dll. Selanjutnya silahkan dilaporkan dalam aplikasi DPP. Kalau kesulitan, hubungi kami,” kata Eko.

Ekoprams