blank
SIAP DIANTAR - Minyak goreng kemasan siap diantarkan kepada warga secara gratis. (foto: dok/ist)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Menjelang Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriyah Tahun 2022 warga Tegal, Jawa Tengah terlihat bahagia karena mendapat bantuan minyak goreng gratis untuk mereka. Bantuan berasal dari Korem 071/Wijayakusuma dan disalurkan oleh jajaran TNI melalui Kodim 0712/Tegal. Jumlah minyak goreng yang digelontorkan sebanyak 750 liter.

Secara keseluruhan, Korem 071/Wijayakusuma menyalurkan 6 ton minyak goreng, 750 liter di antaranya untuk warga masyarakat Tegal. Minyak goreng dibagikan gratis untuk masyarakat yang membutuhkan. Mereka penerima adalah seluruh golongan yang membutuhkan tanpa memandang agama, suku dan ras.

Minyak goreng tersebut dibagikan secara bertahap, dimulai dari pembagian gratis 750 liter minyak goreng di wilayah Tegal. Secara total, ada 6 ton minyak goreng yang akan dibagikan ke semua Wilayah yang mencakup Korem 071/Wijayakusuma yang meliputi Banyumas, Cilacap sampai dengan perbatasan Kebumen, Banjarnegara, Purbalingga, Tegal, Brebes, Batang, Pekalongan dan Pemalang.

blank

Adapun mekanisme pembagian disalurkan secara dari pintu ke pintu (door to door) oleh Babinsa yang tersebar di 21 Koramil dan 1 Posramil jajaran Kodim 0712/Tegal dimana setiap kepala rumah tangga mendapatkan satu liter minyak goreng. Penyaluran tidak hanya warga di perkotaan, melainkan menjangkau warga pedesaan seperti daerah pegunungan terpencil dan daerah pesisir pantai.

Pihak Korem maupun Kodim berharap dengan kegiatan ini dapat membantu masyarakat yang sangat membutuhkan, terutama masyarakat yang kesulitan mendapatkan atau membeli minyak goreng dengan harga terjangkau.

Salah seorang penerima, Dulkafi (42) warga Kelurahan Bandung, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal yang mengaku senang. Ia menyampaikan terimakasih atas kepedulian TNI melalui Kodim 0712/Tegal dengan memberikan bantuan minyak goreng gratis. Pasalnya, menurut dia, selama ini warga masih kesulitan mendapatkan minyak goreng dengan harga yang terjangkau.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak TNI yang telah peduli memberikan minyak goreng, ini sangat membantu sekali buat kami, karena memang saat ini kami sangat sulit mendapatkan minyak goreng dengan harga yang murah apa lagi menjelang lebaran,” ungkapnya.

Nino Moebi