blank
Apel Siaga Pengamanan Idul Fitri Tahun 2022 M / 1443 H di lingkungan PLTU Tanjung Jati B pada hari ini, Selasa, 26 April 2022.

JEPARA (SUARABARU.ID) –  Dalam rangka menjaga kepastian keamanan produksi energi listrik menjelang hari raya Idul Fitri Tahun 2022 M / 1443 H yang jatuh pada Senin, 2 Mei 2022 mendatang, PLN UIK TJB menyelenggarakan Apel Siaga Pengamanan Idul Fitri Tahun 2022 M / 1443 H di lingkungan PLTU Tanjung Jati B pada hari ini, Selasa, 26 April 2022.

Apel berlangsung di halaman depan kantor PLN UIK Tanjung Jati B ini   diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari jajaran manajemen atas dan menegah PLN UIK TJB, bidang K3L, serta aparat TNI & POLRI yang berdinas jaga di PLTU Tanjung Jati B dan Satuan Pengamanan (SATPAM)/Security internal di PLTU Tanjung Jati B.

blank
Apel Siaga Pengamanan Idul Fitri Tahun 2022 M / 1443 H di lingkungan PLTU Tanjung Jati B pada hari ini, Selasa, 26 April 2022.

Perwakilan  Manajemen PLN UIK Tanjung Jati B, Senior Manager Perencanaan dan Enjineering Marsudi Santosa Edi yang ditunjuk mewakili General Manajer PLN UIK Tanjung Jati B untuk memimpin apel siaga menyampaikan bahwa PLTU Tanjung Jati B merupakan salah satu Objek Vital Nasional yang berupa pembangkit listrik yang memasok energi listrik sebesar kurang lebih 11% dari  kebutuhan tenaga listrik di Sistem Kelistrikan Jawa Bali.

”Karena itu  kita harus memastikan bahwa sistem kelistrikan dapat berlangsung aman, handal dan lancar tidak ada kendala berarti terutama dalam periode perayaan hari raya Idul Fitri mendatang,” tegasnyas

blank
PLTU Tanjung Jati B, pasok 11 persen kebutuhaan listrik Jawa – Bali

Untuk kesiapan pembangkit, dipastikan bahwa semua peralatan beroperasi normal dan aman serta dalam kondisi yang baik, ketersediaan material kritikal dipersiapkan dengan baik serta pasokan batubara juga agar dipastikan aman. “Untuk itu juga perlu dipastikan dari sektor pengamanan, terutama akses-akses yang kritikal agar dilakukan pengamanan yang ketat dan efektif agar terhindar dari gangguan-gangguan baik dari internal maupun eksternal,”  ungkap Marsudi.

Setelah apel siaga selesai, selanjutnya dilakukan koordinasi, inspeksi bersama dan gelar Peralatan Pemadam Kebakaran di lingkungan PLTU Tanjung Jati B yang diikuti oleh jajaran Manajemen PLN UIK Tanjung Jati B beserta Aset Operator, Aset Owners dan juga Satuan Pengamanan PLTU Tanjung Jati B, untuk memeriksa dan memastikan Fungsi K3 dan Keamanan tetap terjaga untuk mendukung Operasional PLTU Tanjung Jati B selama Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Marsudi juga menambahkan,  langkah-langkah pengamanan bulan Ramadhan dan Siaga Hari Raya Idul Fitri Tahun 2022 M / 1443 H mulai bulan April – Mei 2022 di PLN UIK Tanjung Jati B diantaranya adalah disiapkan posko pengamanan pasokan listrik selama pelaksanaan ibadah puasa bulan Ramadhan dan masa siaga Hari Raya Idul Fitri 1443 H (H-7 dan H+7).

Untuk itu  dilaksanakan piket siaga operasional dan pemeliharaan yang selalu standby untuk menjamin pasokan listrik tetap handal dan prima. “Kemudian dari sisi pemeliharaan juga telah dipastikan ketersediaan sparepart dan stock batubara aman untuk 19 hari ke depan, dan dari sisi operasional juga melakukan operator check tiap jam. Sedangkan dari sisi enjinering dilakukan langkah siaga berupa intensive jadwal predictive maintenance, monitor peralatan kritikal melalui thermal infrared camera serta patrol check intake water untuk mencegah gangguan biota laut.”, tutup Marsudi.

Hadepe