blank
Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto didampingi Kasat Lantas AKP Marwanto (kedua dan kesatu dari kiri), melakukan pengecekan pendirian pos lebaran.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Untuk menyambut kedatangan para pemudik dan pengamanan perayaan Idul Fitri 1443 H, Polres Wonogiri pimpinan Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto, mendarikan 7 pos lebaran.

Kapolres dan Kasatlantas AKP Marwanto melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Aiptu Iwan Sumarsono, semalam, menyatakan, pendirian tujuh pos lebaran itu ditempatkan di lokasi keramaian publik, yang berpotensi dapat memicu kemacetan dan tempat yang dinilai rawan terhadap kemunculan gangguan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Ketujuh Pos Lebaran tersebut memiliki fungsi sebagai pos pelayanan, pos pengamanan, dan pos terpadu. Masing-masing berlokasi di Terminal Induk Giri Adipura di Krisak Selogiri Wonogiri, di depan Pasar Kota Wonogiri, di Objek Wisata Waduk Gajahmungkur.

Berikut masing-masing di Ibukota Kecamatan Ngadirojo, Kecamatan Purwantoro, Kecamatan Baturetno, dan Kecamatan Pracimantoro. Untuk yang di depan Pasar Kota Wonogiri dan di objek wisata Waduk Gajahmungkur dan di Terminal, merupakan pos pengamanan.

Sedangkan selebihnya, yakni Pos di Ibukota Kecamatan Ngadirojo, Purwantoro, Kecamatan Baturetno dan Kecamatan Pracimantoro, bersifat sebagai pos pelayanan terpadu.

Dalam pengamanan lebaran Idul Fitri 1443 H, melibatkan pula unsur TNI, Dishub, pengelola terminal, Linmas, Satpol-PP, relawan RAPI dan dari Senkom Mitra Polri beserta elemen terkait lainnya. Seperti dari Pramuka Saka Bhayangkara, relawan PMI petugas medis dan dari dinas instansi tekait.

Jalur Alternatif

Untuk mengantisipasi banjir pemudik, Polres Wonogiri telah menyiapkan beberapa jalur alternatif manakala sampai terjadi kemacetan. Jalur alternatif itu, kiranya dapat diakses melalui Google Maps melalui ponsel.

Sementara itu dari Sat Binmas Polres Wonogiri pimpinan AKP Setiono, melalui siaran Radio Giri Swara RSPD Wonogiri, menyerukan kepada warga masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya. Yakni bersikap hati-hati, tidak glamour dengan memakai banyak perhiasan.

Tujuannnya, agar jangan sampai menjadi sasaran penjahat. Perlu dipahami kejahatan dapat timbul manakala bertemunya unsur N (Niat) dan K (Kesempatan).

Harapannya, masyarakat aman dalam mudik maupun saat merayakan Lebaran Idul Fitri 1443 H. Termasuk aman ketika umat Islam melaksanakan ibadah Salat Ied.

Minggu (24/4), Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto melakukan pengecekan jalan sampai ke wilayah Kecamatan Paranggupito. Ini sekaligus sebagai persiapan terhadap rencana kunjungan DPR-RI ke Wonogiri.

Bambang Pur