blank
Dengan mendapatkan pembimbingan dari dosen, mahasiswa ISI Surakarta mengunggah ajuan 4 proposal PPK Ormawa ke Kemendikbud Ristek.

SOLO (SUARABARU.ID) – Himpunan Mahasiswa (Himawa) Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, mengajukan lima proposal Program Peningkatan Kapasitas (PPK) Organisasi Mahasiswa (Ormawa) ke Kemendikbud Ristek.

Dosen ISI Surakarta, Basnendar Herry Prilosadoso, semalam, berharap, 5 proposal yang dibimbingnya tersebut dapat meraih sukses. Mengingat, itu akan berkompetisi dengan ajuan proposal Ormawa dari Perguruan Tinggi (PT) se Tanah Air.

Tim mahasiswa yang mengajukan proposal, terdiri atas gabungan mahasiswa Prodi DKV dari angkatan 2020 dan 2021. Lima proposal yang diajukan, terdiri atas UKM Lembaga Pers Mahasiswa Intuisi, HIMA Etnomusikologi, HIMA Desain Interior dan HIMA Film dan Televisi.

Untuk proposal berjudul Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Ngudi Makmur Surakarta, Sebagai Kampung Iklim Melalui Perancangan Branding dan Sugn System yang Berwawasan Ramah Lingkungan, ini disesuaikan dengan skim tema Kampung Iklim yang sengaja dipilih.

Selain sesuai kondisi bumi yang sedang mengalami perubahan iklim, serta sudah melakukan observasi ke mitra yakni KWT (Kelompok Wanita Tani) Ngudi Makmur, Joglo, Kadipiro, Surakarta. Penyusunan proposal ini, mengangkat seputar pemberdayaan masyarakat menuju kampung iklim tematik secara mandiri.

Proposal PPK

Kolaborasi dosen dan tim mahasiswa Prodi DKV Fakultas Seni Rupa Desain (FSRD) ISI Surakarta, ini berhasil dalam penyusunan proposal PPK (Program Peningkatan Kapasitas) Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Kemendikbudristek Tahun 2022.

Kata Basnendar, ajuan hibah berisi mengenai pemaparan program branding UMKM, penataan sign system mitra, infografis, video profile, dan mapping zonasi. Yang ini nantinya penting bagi Kelompok Wanita (KWT) Ngudi Makmur.

Di dalam proposal, juga dirancang kegiatan pelatihan dan pendampingan, yang terkait dengan bidang keilmuan desain komunikasi visual.

Ketua Kelompok, Tiara Mara Antika, menjelaskan, kelompoknya yang mengajukan proposal beranggotakan 11 orang mahasiswa. Mereka tergabung di Himpunan Mahasiswa DKV FSRD ISI Surakarta (HIMADKVISKA), yang mempunyai orientasi dalam rangka pemberdayaan masyarakat.

Kaprodi DKV FSRD ISI Surakarta, Asmoro Nurhadi Panindias, menjelaskan, proposal tersebut juga berguna sebagai media aktualisasi kompetensi dan peran mahasiswa. Juga sebagai solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat mitra.

Bambang Pur