blank
Japah Mengaji bersama Kepala KUA Kecamatan Japah dan Camat. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID) – Pertama kali dilakukan di Kecamatan Japah dalam bulan Ramadhan 1443 H. bertempat di aula kantor Kecamatan dengan mengusung tema “Japah Mengaji” sebagai bentuk pembangunan spiritual masyarakat Japah, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Jumat (22/4/2022).

Kegiatan tersebut dimaksudkan agar nantinya akan menjadikan masyarakat lebih gemar mengaji dan bisa menciptakan lebih banyak hafidz dan hafidzah.

Pada kesempatan itu,  Camat Japah, M. Sanaji menjelaskan di sela-sela rangkaian Japah mengaji, InshaAllah kegiatan ini akan terus berlangsung dan tidak akan hanya di bulan Ramadhan ini, tapi akan terus berlanjut. Untuk yang pertama kalinya dilaksanakan di bulan Ramadhan 1443 H.

“Ini merupakan bentuk revolusi mental atau syi’ar dan Insya Allah akan terus dilaksanakan satu atau dua bulan sekali dan itu juga tergantung situasi dan kondisi, yang penting revolusi mental ini bisa berjalan dan tidak mengganggu pekerjaan teman-teman yang pelayanan publik,” terang Sanaji.

blank
Sambutan Camat sebelum Acara Japah Mengaji, di Kantor Kecamatan. Foto: Ist

Camat Japah  menambahkan, bahwa selain Japah Mengaji, Kecamatan Japah juga akan mengadakan Blora Bersholawat nanti untuk ke depannya selaras dengan program Bupati Blora saat ini.

“Bersama adanya kegiatan Japah mengaji diharapkan ke depanya bisa menciptakan hafidz dan hafidzah per desa,” tambah Sanaji.

Untuk membangun spiritualitas

Sementara itu, Kepala KUA Kecamatan Japah H. Sukiyan mengatakan, bahwa sangat mendukung dan mendorong kegiatan tersebut berlanjut kedepannya agar masyarakat Japah semakin banyak hafidz dari Japah.

“Di Japah baru perdana untuk Ramadan ini, karena Pak Camat baru transisi, nanti untuk selanjutnya setiap bulan dan seterusnya akan dilaksanakan untuk Japah Mengaji tujuannya agar warga di Japah semuanya bisa mengaji,” papar H. Sukiyan.

Hadir dalam kegiatan tersebut pegawai Kecamatan, penyuluh Kecamatan, tokoh ulama, serta tamu undangan.

Kudnadi