blank
Tim Kordes PKH Desa Singorojo tengah sibuk mengemasi dan membagikan Paket Tahunan sebagai implementasi dari Program Sifitri

JEPARA (SUARABARU.ID) – Tim Kordes PKH Desa Singorojo tengah sibuk mengemasi Paket Tahunan sebagai implementasi dari Program Sifitri yang dikerjasamakan dengan Laku BCA setiap setahun sekali. Rabu, 20 April 2022

“Program Sifitri berupa Paket Tahunan yang pembeliannya berasal dari pencairan Tabungan Laku BCA masing-masing KPM PKH di Desa Singorojo,” tutur Nailin Nafisah yang bertugas sebagai Kordes Singorojo.

blank

“Sesuai kesepakatan seluruh Ketua KUBE-PKH Desa Singorojo yang dibahas dalam Temu KUBE-PKH Singorojo bulan Maret lalu,   isi dari Paket Tahunan Sifitri adalah Beras 5 kg, gula 4 kg, minyak goreng 2 liter, kecap 1 kampet, pembungkus + ongkir 50 ribu dengan total Rp 200.000,-/KPM/Tahun”, imbuh Nur Farida yang juga sebagai Asisten Kordes 2.

“Program Tahunan Sifitri sudah dimulai sejak tahun 2018 lalu yang dikerjasamakan bersama Minimarket Adijaya Mayong, namun rentang pandemi kisaran 2019-2020, program ini vakum. Dan baru pada tahun 2021-2022 ini kita mulai lagi mengingat program ini sangat membantu KPM PKH dalam memenuhi kebutuhan menjelang lebaran”, terang Ariyanto yang juga Pendamping Sosial PKH desa Singorojo.

blank

“Setiap bulan saat FDS/P2K2, KPM PKH dihimbau untuk menabung di Laku BCA minimal Rp 20.000,-/bulan/KPM. Ini adalah upaya nyata untuk merubah perilaku masyarakat agar tidak selalu bergantung dengan bansos. Dengan menabung di Laku BCA diharapkan KPM PKH memiliki modal usaha yang pada rentang waktu tertentu dapat dicairkan untuk memulai usaha sesuai dengan modul Ekonomi yang ada pada Sesi FDS”, lebih lanjut Ariyanto menjelaskan.

Secara kebetulan, saat pengemasan Paket Tahunan Sifitri di Desa Singorojo ini, mendapat kunjungan dari Korcam PKH Mayong dan Korkab PKH Jepara 2, Purwanto. Korkab sangat senang dan mengapresiasi program ini karena sangat bermanfaat untuk KPM.

blank

“Bahwa program semacam ini memang tidak mudah, perlu perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa karena Tim Kordes bekerja pada wilayah satu desa yang cukup komplek.

Lebih lanjut Ariyanto menjelaskan bahwa Tabungan Laku BCA KPM merupakan implementasi dari inklusi keuangan dengan mendekatkan layanan perbankan ke masyarakat, apalagi yang menjadi Sub Agen Laku BCA juga KPM itu sendiri Tabungan yang dicairkan untuk  program ini sebesar Rp 200.000,-, jika saldonya kurang bisa ditambahi, namun jika ada sisa maka dikembalikan dalam bentuk uang tunai. Program ini berprinsip dari, untuk, dan oleh KPM PKH.

Hadepe – ary