“Dalam tiga dekade terakhir, kami telah melihat perkembangan yang luar biasa pada pengobatan baru untuk kanker. Pengobatan tersebut menjadi lebih efektif dan memiliki efek samping yang lebih kecil,” kata Dr Ang.

Dengan pengobatan-pengobatan terbaru ini, ujarnya, dia mengombinasikan beberapa pengobatan untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Kini para dokter dan peneliti sudah menemukan pengobatan baru untuk kanker darah yakni terapi Sel T Chimeric Antigen Receptor (CAR) atau terapi Sel T CAR yang merupakan pengobatan kanker darah terkini dan paling modern.

Dengan kemajuan teknologi medis ini tentunya memberi harapan baru bagi para pasien. Bahkan, terapi ini telah menunjukkan hasil yang menjanjikan dengan tingkat keberhasilan yang cukup tinggi.

Menurut Dr Colin Phipps Diong, Konsultan Senior, Hematologi, Parkway Cancer Centre, terapi Sel T CAR dilakukan dengan cara mengambil Sel T dari pasien dan kemudian memodifikasinya di laboratorium hingga dapat mengenali target kanker di dalam tubuh.

“Setelah proses ini selesai, sel-sel tersebut dimasukkan kembali ke dalam tubuh pasien,” jelas Dr Colin Phipps Diong yang juga hadir dalam acara virtual tersebut.

Menurut dr Collin, Sel T adalah sel darah putih yang berfungsi mendeteksi dan menghancurkan sel abnormal di dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Pada pasien kanker darah, kemampuan Sel T terganggu, hingga akhirnya tidak dapat mendeteksi sel-sel kanker tersebut.

Terus Dikembangkan

Terapi Sel T efektif sendiri dalam mengobati pasien relaps dengan kanker darah tipe Leukemia Limfoblastik Akut (ALL) dan Kanker Limfoma Non-Hodgkin seperti Diffuse Large B-Cell Lymphoma (DLBCL). Terutama, apabila pengobatan-pengobatan sebelumnya tidak berhasil menunjukkan hasil yang diharapkan.

Sama halnya dengan pengobatan-pengobatan lainnya, Terapi Sel T CAR memiliki efek samping seperti Immune Effector Cell-Associated Neurotoxicity Syndrome (ICANS) dan Cytokine Release Syndrome (CRS).

“Kami akan terus mengembangkan keahlian dan layanan agar dapat senantiasa memberikan pengobatan kanker darah yang terkini. Kami selalu melihat ke masa depan. Penting bagi kami untuk terus membangun tim agar dapat memperluas jejak layanan kami dan memberikan pengobatan paling mutakhir seperti terapi Sel T CAR ini” tambah dr Colin.

Tya Wiedya