blank
Ilustrasi

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Prakiraan cuaca Indonesia hari ini, Kamis (21/4/2022) , hujan hampir merata di Indonesia. Hal itu tercatat oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Sebagian besar wilayah Indonesia berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

Dilansir dari Suara.com, BMKG menyebut sirkulasi siklonik terpantau di utara Papua Barat dan di Selatan Banten yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Lampung hingga Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Riau hingga Sumatera Selatan, dari Kalimantan Barat ke Kalimantan Tengah, dari Kalimantan Timur ke Kalimantan Selatan, di Sulawesi bagian tengah, Papua Barat, dan papua, serta daerah konfluensi yang memanjang dari Bengkulu hingga Banten.

Baca Juga: Ini Daftar Lengkap Temuan Penyimpangan Manajemen ASN yang Dilaporkan DPRD ke KASN dan Aturan yang Dilanggar

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

Prakiraan cuaca dari pulau Sumatera secara umum kondisi cuaca perkiraan hujan berintensitas ringan. Kecuali untuk wilayah Padang yang diperkirakan berawan dan terdapat potensi kabut yang diperkirakan terjadi di Pekanbaru.

Sedangkan potensi hujan berintensitas sedang, diperkirakan terjadi di Bandar Lampung, waspada potensi hujan disertai petir kilat angin kencang yang diperkirakan terjadi di Medan.

Baca Juga: Ngabuburit BPC HIPMI Kota Semarang di Noms Kopi Mranggen

Selanjutnya, prakiraan cuaca wilayah Jawa secara umum diperkirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, kecuali untuk wilayah Bandung perlu diwaspadai karena terdapat potensi hujan yang disertai petir kilat dan angin kencang.

Untuk wilayah Kalimantan secara umum kondisi cuaca esok hari di perkirakan hujan dengan intensitas ringan, kecuali untuk wilayah Pontianak diperkirakan berawan.

Berikutnya prakiraan untuk wilayah Sulawesi secara umum kondisi cuaca diperkirakan hujan dengan intensitas ringan, kecuali untuk wilayah Gorontalo diperkirakan berawan.

Baca Juga: Arsenal Sukses Kandaskan Chelsea 4-2 Dilanjutan EPL

Wilayah Bali dan Nusa Tenggara diperkirakan berpotensi hujan dengan intensitas ringan. Hujan intensitas ringan diperkirakan terjadi di Kupang, dan hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di Denpasar.

Sementara itu, waspadai potensi hujan yang disertai petir kilat dan angin kencang yang diperkirakan terjadi di Mataram.

Selanjutnya, prakiraan cuaca di wilayah timur Indonesia secara umum kondisi cuaca akan hujan dengan intensitas ringan, untuk wilayah Ambon diperkirakan berawan, sedangkan potensi hujan dengan intensitas sedang diperkirakan terjadi di Jayapura.

Claudia