blank
Kegiatan Webinar 'Gaya Hidup Halal Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat' yang diselenggarakan Danone Indonesia. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bertepatan dengan bulan Ramadan 2022, Danone Indonesia menggelar webinar bertema ‘Gaya Hidup Halal Fondasi Indonesia Sehat dan Kuat’, Rabu (20/4/2022).

Dalam webinar kali ini menghadirkan pembicara Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal, Muhammad Aqil Irham, Vice Chairwoman Indonesia Halal Lifestyle Center, Jetti Rosila Hadi, dan Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia, Prima Sehanputri.

Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Danone Indonesia untuk mendorong masyarakat agar menerapkan gaya hidup halal dan bersinergi perkuat ekosistem halal di Indonesia.

Vice Chairwoman Indonesia Halal Lifestyle Center, Jetti Rosila Hadi mengatakan, produk halal yang sebelumnya dilihat hanya sebagai kebutuhan bagi masyarakat muslim, kini berkembang menjadi bagian gaya hidup dengan nilai kebaikan dan menjadi tren perdagangan global.

“Tren gaya hidup halal sangat memperhatikan standar kelayakan, kebersihan, dan efek fungsionalnya bagi manusia. Seorang muslim yang menerapkan gaya hidup halal dalam kesehariannya membutuhkan barang konsumsi dan barang guna yang halal dan thoyyib,” kata Jetti.

Menurutnya, dengan adanya lembaga yang mengatur proses sertifikasi halal, dalam hal ini BPJPH, akan mempermudah masyarakat untuk mengakses produk-produk halal. Dari segi bisnis, satu mata rantai yang dikonsumsi pelaku gaya hidup halal menunjukkan besarnya peluang ekonomi yang dapat dioptimalkan.

Apalagi saat ini konsumen produk halal bukan hanya masyarakat muslim, akan tetapi masyarakat yang memprioritaskan jaminan bersih, aman, dan sehat dari produk yang bersertifikat halal.

Dikatakan bahwa gaya hidup halal menjadi alternatif untuk meningkatkan kualitas hidup. “Makanan dan minuman yang halal diyakini tidak hanya bersih dan sehat tetapi juga membawa keberkahan yang mendatangkan manfaat besar bagi kualitas hidup,” tambah Jetti.

Disampaikan bahwa diimplementasikannya Undang-undang Jaminan Produk Halal (UU JPH) memicu edukasi halal yang masif tak hanya di kalangan konsumen tapi juga para produsen di industri halal Indonesia.

“Saat ini, sertifikasi halal menjadi fenomena perdagangan dunia. Kehadiran sertifikasi halal memberikan pengesahan bahwa sebuah produk aman, higienis, dan layak konsumsi. Kepastian seperti ini yang membuat konsumen semakin percaya,” tandasnya.

Sementara itu Head of Regulatory Affairs Danone Indonesia, Prima Sehanputri menjelaskan bahwa jaminan halal bagi konsumen merupakan prioritas Danone Indonesia. Sebagai perusahaan yang menyediakan produk hidrasi dan nutrisi, Danone Indonesia berupaya menyediakan kehidupan yang sehat sebagai fondasi dari kesehatan jangka panjang dengan mengikuti standar mutu halal, keamanan pangan dan lingkungan.

“Selama ini unit produksi kami telah menjalankan Proses Produk Halal (PPH). Kami juga memastikan bahwa penggunaan bahan baku yang digunakan dalam proses produksi telah memiliki sertifikat halal. Selain itu, proses pengolahan, pengemasan produk yang dihasilkan, hingga aktivitas pendistribusian produk juga dilakukan dengan memenuhi standar kehalalan,” jelas Prima.

Prima mengatakan, perusahaan juga telah mencantumkan label halal pada kemasan produk-produk. “Kami berkomitmen akan terus menghadirkan produk dan layanan yang berkualitas dan mendukung pemerintah mewujudkan ekosistem halal dengan mendorong adopsi gaya hidup halal di masyarakat,” sambungnya.

Danone Indonesia berperan aktif untuk mengembangkan ekosistem halal, baik dalam memenuhi kebutuhan gaya hidup halal konsumen, mendukung kegiatan kampanye yang berkaitan dengan kehalalan yang dilakukan BPJPH, maupun mendorong masyarakat dalam menerapkan gaya hidup halal yang bersih dan sehat.

“Keluarga merupakan lingkungan terdekat yang dapat memengaruhi terbentuknya gaya hidup. Di lingkungan keluarga, orang tua menjadi decision maker dalam pemilihan produk-produk halal yang akan dikonsumsi keluarga,” ungkap Prima.

“Untuk itu, di bulan Ramadan ini kami mengajak keluarga Indonesia untuk dapat mulai menerapkan gaya hidup yang baik, seperti gaya hidup halal,” imbuhnya.

Dalam memenuhi kebutuhan hidrasi dan nutrisi keluarga, orang tua tidak perlu khawatir karena produk-produk Danone Indonesia telah teruji kehalalan dan keamanannya dengan adanya sertifikat halal dari BPJPH.

Hal ini diperkuat dengan produk-produk Danone Indonesia telah mendapat halal award yang diselenggarakan oleh LPPOM MUI untuk kategori top brand maupun nutrisi untuk ibu dan anak,” pungkas Prima.

Ning