blank
Ilustrasi zhucchini. Foto: istockphoto.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apa itu zhucchini? Zhucchini memiliki nama latin Cucurbita Pepo Var yang berasal dari negara Italia.

Zhucchini sering disebut sayuran, meski sebenarnya adalah buah yang masih satu rumpun dengan mentimun. Uniknya, bagian daging buah dan biji zhucchini masuk ke dalam golongan terong.

Dilansir dari Suara.com (Hellosehat.com) yang ditinjau secara medis oleh dr. Patricia Lukas Goentoro, ada banyak kandungan gizi yang ada pada zhucchini.

Apa saja manfaat yang bisa didapat setelah mengkonsumsi zhucchini? Ada 4 khasiat yang bisa kamu dapatkan setelah mengonsumsi zhucchini.

1. Pencernaan menjadi lancar. Zhucchini memiliki kandungan air dan serat yang tinggi. Menurut Hellosehat.com, kandungan air dan serat ini dapat mendorong proses berlangsungnya pencernaan dalam perut. Dengan ini, kamu akan terhindar dari gejala sembelit.

2. Meremajakan sel dalam tubuh. Selanjutnya, dr. Patricia meninjau bahwa zhucchini dapat membantu merawat sel-sel dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan antioksidan yang bekerja sebagai penetralisir radikal bebas yang masuk dalam tubuh kita. Dengan kata lain, zhucchini dapat menunda proses penuaan sel dalam tubuh.

3. Mengurangi risiko penyakit fiabetes. Meski ada banyak sekali yang menjadi penyebab timbulnya diabetes, jika kamu menambahkan zhucchini sebagai bahan pendamping pada makanan, maka sedikit banyak kandungan gizi zhucchini dapat mengontrol banyaknya karbohidrat dan gula darah sebagai faktor utama timbulnya penyakit diabetes.

4. Mengobati mata bengkak. Menurut tinjauan dr. Patricia, zhucchini sama seperti timun pada umumnya, dengan mengiris tipis lalu diletakkan pada mata yang bengkak dan diamkan hingga 30 menit. Lakukan secara berulang-ulang selama seminggu agar mendapatkan hasil yang baik.

Beberapa khasiat yang telah diberikan oleh zhucchini tentu akan diterima dengan baik oleh tubuh jika mengkonsumsi dengan cara yang baik pula. Pastikan mengkonsumsi zhucchini dengan tidak berlebihan di setiap harinya.

Campurkanlah zhucchini dengan beberapa olahan makanan seperti daging, ikan dan sayuran lainnya. Simpanlah zhucchini ke dalam wadah tertutup jika telah dipotong, agar tidak mengalami pembusukan karena udara.

Ning