blank
Lestari Moerdijat (kanan), saat rapat umum dengar pendapat dengan Ketua Umum DPP Partai Papua Bersatu, baru-baru ini. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat menyampaikan, perlunya antisipasi setiap risiko yang ada, agar aktivitas mudik Lebaran tahun ini mampu mendorong roda perekonomian Nasional.

Hal itu seperti yang dijelaskan dia dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/4/2022), terkait pelaksanaan mudik Lebaran tahun ini.

”Pilihan dari setiap kebijakan pasti ada risikonya. Tinggal bagaimana kita mampu mengantisipasi setiap risiko yang muncul, seperti pada kebijakan mempersilakan masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini,” kata Lestari.

BACA JUGA: Bupati Demak Lantik Drs Eko Pringgolaksito MSi Jadi Pejabat Sekda

Menurut dia, sejumlah risiko pasti ada, seperti adanya 15 persen kelompok masyarakat yang masih rawan terpapar covid-19. Hal itu karena beberapa sebab, seperti komorbid, belum divaksin untuk balita dan anak-anak, sehingga belum memiliki imunitas yang memadai.

Pada satu pemberitaan Epidemiolog UI oleh Pandu Riono mengungkapkan, pada November dan Desember 2021 lalu, tingkat imunitas penduduk cukup tinggi, yang mencapai 90 persen. Dalam hal ini, penduduk Indonesia secara rata- rata sudah memiliki imunitas.

Namun jelasnya, masih ada 15 persen masyarakat yang tidak pernah terinfeksi, dan belum mendapatkan vaksinasi, sehingga rawan bila terpapar covid-19.

BACA JUGA: Medali Emas Jadi Target Tim Futsal Kota Semarang di Porprov 2022

Selain itu, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, lonjakan keberangkatan pemudik yang diperkirakan terjadi, juga berisiko menciptakan kemacetan di beberapa jalur mudik yang bisa berakibat fatal.

”Antisipasi dengan terus mengupayakan peningkatan imunitas masyarakat lewat pengaplikasian vaksin booster, dan pengaturan yang cermat untuk arus mudik, harus terus ditajamkan lewat sejumlah simulasi dan skenario operasi di lapangan,” pinta dia.

Pergerakan sekitar 85 juta pemudik tahun ini secara hampir bersamaan, ujar Anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, tentunya membutuhkan pengelolaan yang mumpuni dari semua sisi, untuk menghindari terjadinya korban jiwa.

BACA JUGA: Dirjen Tanaman Pangan Kementan Cek Komoditas Pangan Strategis di Pasar Bandarjo

Rerie sangat berharap, semua pihak bisa ikut ambil bagian dalam mengupayakan suksesnya mudik Lebaran tahun ini.

Karena peristiwa mudik Lebaran tahun ini tidak sekadar memenuhi rasa rindu masyarakat akan kampung halaman mereka saja. Lebih dari itu, mudik tahun ini merupakan bagian dari upaya pemulihan perekonomian Nasional.

Riyan