blank
Ilustrasi orang yang rugi di bulan Ramadan. Foto: Umroh.com

blank

Oleh: Ustadz Buya Yahya

blank
Ustadz Buya Yahya. Foto: Instagram Buyayahya_albahjah

DALAM bulan Ramadan yang penuh dengan ampunan dari Allah SWT, ada golongan orang yang rugi hingga malaikat Jibril ikut mendoakannya.

Siapa yang dimaksud orang yang rugi itu? Mereka adalah orang-orang yang pada bulan Ramadan tidak mau memperbaiki diri, tidak mau melakukan kebaikan, tidak mau istighfar, tidak mau melakukan ibadah.

Kerugiannya itu disebabkan kebodohan juga keteledorannya, karena di bulan istimewa penuh pengampunan, namun ia tidak mendapatkan apa-apa.

Padahal pada bulan Ramadan begitu mudahnya seorang hamba mendapat pengampunan hingga terbebas dari api neraka, dilipatkan pahalanya, namun orang ini masih tidak mau memperbaiki dirinya.

Hingga ia menjadi orang yang dikutuk, orang paling rugi di bulan Ramadan, di saat begitu banyak limpahan pengampunan dan pahala di bulan suci ini.

Ini berdasarkan kepada percakapan Malaikat Jibril dengan Nabi Muhammad SAW dan menjadi dalil tentang orang yang paling rugi di bulan Ramadan ini.

“Suatu ketika Nabi SAW naik ke mimbar lalu Nabi SAW mengucapkan Aamiin, aamiin, aamiin sampai tiga kali. Arti aamiin adalah semoga Allah mengabulkan”.

Maka orang bertanya kepada Nabi, wahai Rasulallah, Engkau naik mimbar seraya berkata aamiin, aamiin, aamiin tiga kali.

Maka Rasulullah SAW menjawab, sesungguhnya ia adalah Jibril AS, sesungguhnya Jibril AS telah datang kepadaku dan berkata:

“Barang siapa dimudahkan oleh Allah untuk menemui bulan Ramadan, kemudian ia tidak diampuni oleh Allah kemudian dia masuk neraka sungguh terkutuk ia, terjauh dia dari Rahmat Allah SWT”.

Malaikat Jibril mengatakan “katakan aamiin”, maka Rasulullah SAW menjawab aamiin.

Berdasarkan hadis tersebut ada orang yang paling rugi hingga malaikat Jibril mengajak Rasulullah SAW untuk mendoakannya.

Orang terkutuk itu adalah orang yang tidak mendapatkan pengampunan dari Allah, padahal bulan Ramadan adalah bulan limpahan pengampunan dari Allah SWT.

Maka isilah bulan Ramadan ini dengan ibadah, istighfar dan amal-amal solih lainnya agar tidak termasuk golongan orang paling rugi di bulan Ramadan.

Dikutip dari ceramah Buya Yahya melalui Youtube Channel Al-Bahjah TV.