blank
TUKAR - Salah seorang warga sedang menukarkan uang untuk keperluan lebaran. (foto: nino moebi)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Jelang lebaran, Pemerintah Kota Tegal, Jawa Tengah menggandeng perbankan menyediakan tujuh unit mobil yang ditempatkan di lokasi strategis untuk penukaran uang. Tujuh unit mobil dari beberapa Bank yang ada di Kota Tegal disiapkan di depan Pasar Pagi Jalan A Yani Kota Tegal, Kamis (14/4/2022).

“Saya mengapresiasi inovasi dari Bank Indonesia yang telah berkolaborasi dengan Perbankan di Kota Tegal, dalam memfasilitasi penukaran uang baru melalui mobil penukaran uang yang beroperasi mulai hari ini Kamis (14/04/2022) dalam rangka persiapan lebaran Hari Raya Idul Fitri 1443 H,” Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriono kepada wartawan.

Mobil penukaran tersebut tentunya akan mempermudah masyarakat dalam memperoleh uang baru. hal ini tentunya juga akan mengurangi antrian masyarakat di kantor-kantor bank dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Mobil penukaran uang akan melayani masyarakat selama dua minggu ke depan di Jalan Ahmad Yani, (Tegal Citywalk) yang baru dibangun.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Tegal, M Taufik Amrozy menyampaikan KPwBI Tegal sengaja melaksanakan sinergi dengan perbankan untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah di masyarakat menjelang lebaran.

Ia menyampaikan sinergi tersebut dilaksanakan dengan membuka 60 titik layanan penukaran di masing-masing kantor cabang perbankan di wilayah kerja KPwBI Tegal. Mobil pelayanan penukaran uang buka mulai buka pukul 09.00 sampai dengan selesai dan di buka mulai Kamis (14/2/2022), Selasa, Rabu dan Kamis (minggu depan) dan Selasa, Rabu Minggu ke depannya, dengan maksimal penukaran sebesar Rp 3.800.000 per orang.

Selain penukaran uang di masing-masing Kantor Cabang, KPwBI Tegal juga melaksanakan layanan penukaran uang rupiah bersama di rest area tol di wilayah KPwBI Tegal.

Herawati (46) asal Kabupaten Brebes bersama kerabatnya sengaja datang ke Kota Tegal rela mengantri untuk menukarkan uang buat kebutuhan lebaran mendatang sejumlah Rp 2.800.000. “Ya kita sengaja datang ke Kota Tegal untuk tukar uang receh, di Brebes ada penukaran uang tapi terbatas,” ujar Hera.

Senada dengan Hera, Wahyudi (45) warga Pesayangan, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, menukarkan uang sejumlah Rp 1.400.000 untuk ditukar dengan uang receh Rp 1.000. “Sekadar bagi-bagi untuk keponakan nanti lebaran,” kata Wahyudi singkat.

Nino Moebi