blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Forkompimda bersama para penerima Dana Hibah APBD.(Foto:SB/Ist)

Pemkab Kebumen Serahkan Dana Hibah Rp 5,2 M

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Kebumen 2022 mengalokasikan anggaran dana hibah Rp. 5.248.000.000,00 bagi sejumlah organisasi masyarakat (Ormas) dan tempat ibadah.

Penyerahan dana hibah diberikan secara simbolik oleh Bupati Kebumen Arif Sugiyanto kepada masing-masing penerima di Pendopo Kabumian, Jumat sore (8/4)

“Pemberian dana hibah ini adalah untuk penguatan lembaga-lembaga keagamaan dan sarana keagamaan agar lebih berdaya dalam menjalankan program-program keumatan. Ini terus kita dorong agar lebih maju, dan lebih semarak,” ujar Arif Sugiyanto.

Bupati berharap, Dana Hibah Rp 5,2 Miliar itu bisa digunakan sebagai mana mestinya.  Yakni tidak disalahgunakan dan harus memperhatikan azas keadilan, kepatuhan, rasionalitas, dan manfaat untuk masyarakat.

“Pesan saya, selaras dengan program pemerintah, perlu saya sampaikan sekaligus ingatkan kepada penerima bantuan hibah agar melaksanakan prinsip tertib administrasi, tertib keuangan, dan tertib waktu,”jelas dia

Bupati menyatakan, administrasinya harus terpenuhi, peruntukan anggaran harus terinci, dan penyampaian pertanggungjawaban pun harus tepat waktu. Sebab, hibah tersebut bersumber dari APBD dengan tepat sesuai ketentuan perundang-undangan.

Berikut alokasi penerima bantuan hibah terdiri dari :

  1. Belanja Hibah Uang kepada badan, lembaga yang bersifat nirlaba, sukarela, dan sosial yang dibentuk berdasarkan peraturan Perundang-Undangan, sebesar Rp.400.000.000,00 (empat ratus juta rupiah) untuk 2  Organisasi yaitu:
  2. BAZNAS Kabupaten Kebumen
  3. Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Kebumen
  4. Belanja Hibah Uang Kepada Badan, Lembaga Nirlaba, Sukarela dan Sosial  yang Telah Memiliki Surat Keterangan Terdaftar sebesar Rp. 1.775.000.000,00 untuk :
  5. YPPNU
  6. PD Aisyiyah
  7. Pondok Pesantren Al Hidayah , Wonoyoso, Kelurahan Bumirejo,

Kecamatan Kebumen

  1. Pondok Pesantren Salafiyah, Kelurahan Bumirejo Kecamatan Kebumen
  2. Pondok Pesantren Darussa’adah, Desa Kritig Kecamatan Petanahan.
  3. Belanja Hibah Uang Kepada Badan dan Lembaga Nirlaba, Sukarela Bersifat Sosial Kemasyarakatan sebesar Rp.3.073.000.000,00 diperuntukan :
  4. Hibah kepada 13 Gerja
  5. Hibah kepada 4 Madrasah Diniyah
  6. Hibah kepada 35 Masjid
  7. Hibah kepada 62 Musholla
  8. Hibah kepada 11 TPQ
  9. Hibah kepada 1 Vihara

Komper Wardopo