blank
Bazar Ramadan PLUT KUMKM di Kabupaten Pacitan, Jatim, dibuka Bupati Indrata Nur Bayu Aji. Event ini dikemas dengan tajuk ''Menggapai Rezeki di Bulan Suci.''(Foto: Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bulan Ramadan menjadi momentum berharga bagi sebagian masyarakat untuk mendulang rezeki. Termasuk bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk memenuhi keperluan di Bulan Puasa, menjadi peluang bagi para pelaku usaha kecil menengah tersebut untuk bangkit.

”Momen Ramadan dapat kita gunakan untuk bangkit, kembali pulih setelah sekian lama perekonomian kita terdampak pandemi Covid-19,” tegas ungkap Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji.

Penegasan orang pertama di Kabupaten Pacitan ini, disampaikan saat membuka Bazar Ramadan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) yang diselenggarakan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindustrian Kabupaten Pacitan, Minggu (3/4).

PLUT, menjadi rumah bagi kelompok usaha kecil menengah (KUKM). Sebab, lembaga itu memang dibentuk khusus untuk memberikan pendampingan dan pemberdayaan pada koperasi dan UKM.

Mas Aji, demikian panggilan akrab Bupati Pacitan, berharap pelaku UMKM dapat memanfaatkan  momentum berharga Ramadan 1443 H, untuk membangun usahanya.

Jadi Kesempatan

Prokopim Pemkab Pacitan, semalam, mengabarkan, hadirnya bazar Ramadan menjadi kesempatan baik untuk memperkenalkan dan memasarkan produk usahanya kepada masyarakat.

Kata Bupati, kita punya budaya ngabuburit, maka bisa ngabuburit ke Bazar Ramadan. ”Ini akan lebih mengenalkan UMKM kepada masyarakat,” tandasnya.

Bazar UMKM PLUT digelar oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindustrian Kabupaten Pacitan, dalam rangka ikut menyemarakkan Ramdan. Berlangsung selama 25 hari, Bazar di Bulan Suci ini diikuti oleh 32 pelaku UMKM di Pacitan.

Selain menyajikan beragam produk UMKM, Bazar Ramadan PLUT juga menjadi ajang edukasi, karena dibarengi beragam perlombaan keagamaan, Juga ada latihan panahan gratis bekerjasama dengan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Pacitan.

Sebelumnya, Bupati membuka kegiatan Gebyar Ramadan yang diinisiasi oleh Gabungan Pemuda dan UMKM di halaman Gedung Jendral Sudirman Penceng.

Gebyar Ramadan ini, selain menggelar bazar kuliner, juga mengadakan lomba foto dan tiktok di lokasi bazar, menyanyi Islami, hafalan al quran,  da’i cilik serta fashion show.

Bambang Pur