blank
Ustadz Ma’as Shobirin SAg MPd, saat memberikan ceramahnya pada jamaah pengajian Musala Al Huda, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT). Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Umat Islam di dunia akan menjalani ibadah puasa Ramadan 1443 Hijriah. Dan menyambut Ramadan tahun ini, Musala Al Huda Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah (BBPJT), menggelar pengajian bertema ‘Bulan Ramadan Waktu Tepat Tingkatkan Kualitas Ibadah’, Jumat (1/4/2022). Kegiatan itu menghadirkan dosen Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), Ustadz Ma’as Shobirin SAg MPd.

Ketua Takmir Musala Al Huda, Slamet Priyono SE mengatakan, pihaknya berharap, pengajian jelang Ramadan ini mampu mengisi rohani jamaah, agar bersiap menghadapi bulan suci itu dengan baik. Dengan persiapan yang baik, diharapkan Ramadan bisa menghadirkan rahmat, hidayah, dan keutamaan.

”Kami mengajak teman-teman untuk mempersiapkan diri dalam mengisi bulan Ramadan, dengan kesiapan lahir batin. Untuk itu, kami isi persiapan Ramadan ini dengan menyelenggarakan pengajian,” kata Slamet dalam keterangannya usai acara.

BACA JUGA: Penggunaan Bahasa Negara Saat Ini Alami Pelemahan

Sementara itu dalam ceramahnya, Ma’as Shobirin menyampaikan, Ramadan adalah bulan suci yang penuh keutamaan. Untuk itu, dia mengajak jamaah untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas amalan ibadah pada bulan suci ini.

”Kalau biasanya shalat kita hanya sebatas shalat fardu, pada bulan suci ini kita harus bisa meningkatkan dengan menambah shalat sunah. Kalau biasanya jarang shalat berjamaah, mari kita tingkatkan kualitas shalat kita dengan shalat berjamaah, syukur bisa shalat berjamaah dalam lima waktu,” jelas Ma’as Shobirin.

SEmentara itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jateng, Dr Ganjar Harimansyah, mengajak jamaah Musala Al Huda yang juga kebanyakan pegawai Balai Bahasa, agar mengisi bulan Ramadan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Dia mengajak jamaah untuk mengisi waktu usai shalat zuhur, dengan kultum dari para jamaah.

”Rekan-rekan kami ajak untuk senantiasa mengisi bulan suci ini dengan amal ibadah yang bermanfaat. Tidak terasa kita sudah sampai bulan Ramadan lagi, mari bergembira menyambut bulan suci ini, dengan meningkatkan ibadah kita,” pinta Ganjar.

Riyan