blank
RIS alias Cipling (24) pelaku pencurian dengan pemberatan disertai pembunuhan di Jonas Photo Semarang. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kejadian aksi pencurian dengan pemberatan disertai pembunuhan yang terjadi di eks Jonas Photo, Jalan Diponegoro Semarang, direspon cepat jajaran Polda Jateng.

Berdasarkan bukti yang ada di TKP, Polda Jateng melakukan pengembangan dan berhasil menangkap pelaku sekitar 8 jam setelah kejadian.

Pelaku berinisial RIS alias Cipling (24) berhasil ditangkap tim Ditreskrimum Polda Jateng di rumahnya di Desa Karangsambung, Kecamatan Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Selasa (29/3/2022).

Kapolda Jateng melalui Kabidhumas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menegaskan, setelah dilakukan pengembangan pelaku berhasil ditangkap di Kebumen.

“Berdasarkan bukti-bukti di TKP dan pengembangan penyelidikan, polisi berhasil menangkap tersangka di Kebumen. Kuat dugaan pelaku langsung melarikan diri ke tempat asalnya setelah melakukan aksinya,” kata Iqbal, Rabu (30/3/2022).

Dijelaskan, pelaku pada saat di TKP sempat difoto oleh korban S (37). Tak hanya itu, S juga sempat mengambil foto KTP pelaku.

“Pelaku ditangkap 7-8 jam setelah laporan diterima dan saat ini sudah diamankan tim Ditreskrimum Polda Jateng,” tambahnya.

Bersama pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah barang yang diduga digunakan pelaku dalam melakukan aksi kejahatannya, serta barang bukti hasil kejahatannya.

“Dari tangan pelaku polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa satu unit sepeda motor Honda Supra X 125 warna hitam, tiga buah lensa kamera merk Sony warna hitam, dan satu buah kamera drone warna hitam,” ungkap Iqbal.

Iqbal menegaskan saat ini kasus masih didalami intensif oleh Polda Jateng. Diharapkan bisa tuntas dalam waktu dekat. “Untuk temuan fakta-fakta lain saat ini masih dalam tahap pemeriksaan petugas,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, telah terjadi pembunuhan di eks Jonas Photo Semarang, Jalan Diponegoro, Gajahmungkur pada Selasa 29 Maret 2022.

Pembunuhan tersebut diduga berawal dari perampokan di toko kamera focus nusantara.

Korban pembunuhan di eks Jonas Photo itu merupakan seorang laki-laki yang dikenal sebagai penjaga malam atau satpam.

Ning