blank
Serah terima jabatan Kabiro Antara Jateng dari Achmad Zaenal M (kedua dari kiri), kepada Teguh Imam Wibowo. Ikut menyaksikan GM SDM dan Umum Perum LKBN Antara Purnomo dan Redpel 2 Sapto HP. Foto: dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Kepala Biro Antara Kalimantan Barat, Teguh Imam Wibowo, menggantikan Achmad Zaenal M, sebagai Kepala Antara Biro Jawa Tengah.

Serah terima jabatan yang dilakukan serentak untuk empat kepala biro, yakni Biro Jateng, Biro Daerah Istimewa Yogyakarya, Biro Kalimantan Barat, dan Biro Kepulauan Riau itu, dipusatkan di Kantor Antara Biro Jateng, Jalan Veteran 1 B, Semarang, Rabu (30/3/2022).

Bertindak mewakili direksi dalam serah terima jabatan itu, GM SDM dan Umum Purnomo, dan Redaktur Pelaksana II Sapto HP, dihadiri langsung sejumlah karyawan Biro Jateng.

BACA JUGA: APTRI Minta Gula Petani Tetap Dibebaskan dari PPN

Asisten Manajer Biro Jateng, Mahmudah promosi menjadi Kepala Biro Daerah Istimewa Yogyakarta, menggantikan Bambang Sutopo Hadi, yang alih tugas mejadi redaktur.

Posisi lama yang ditinggalkan Teguh di Kalbar, diisi Evy R Syamsir, yang sebelumnya mengisi jabatan sama di Provinsi Kepulauan Riau. Sementara Kepala Biro Kepri diisi wartawati setempat, Yuniarti Jannatun Naim.

Achmad Zaenal M, yang menjadi wartawan Antara sejak 1993, menjabat Kepala Biro Jateng sejak 23 Agustus 2008, menggantikan D Dj Kliwantoro, yang saat itu alih tugas menjadi Kepala Biro Jawa Timur.

BACA JUGA: Kota Magelang Juara Nasional Nasyid di Ajang Festival Anak Sholeh di Palembang

Zaenal, per Maret 2022, mengakhiri masa tugas sesuai aturan perusahaan dengan batas usia pensiun 58 tahun.

Ketika ditanya apa yang dilakukan setelah pensiun, lulusan Fisipol UGM Yogyakarta ini menyatakan, sebulan ke depan fokus merayakan kebebasan hakiki seorang pensiunan.

Sementara itu, Redpel II Sapto HP menyatakan, di kantor pusat Antara di Jakarta saat ini, sedang memproses tugas baru Zaenal. Dia akan ditugaskan sebagai redaktur, dengan status kepegawaian yang berbeda.

BACA JUGA: Para Sopir Mobil Ambulance Wonogiri Menjalani Pelatihan Safety Driving

Selama Zaenal memimpin Antara Jateng, biro ini tercatat dua kali menjadi biro terbaik dan tiga kali biro terbaik ketiga se-Indonesia. Biro Antara Jateng juga meraih penghargaan di bidang administrasi, seperti penghapusan aset dan aplikasi SP2MT.

Sejumlah pewarta tulis, foto, serta wartawan TV Antara Biro Jateng, juga menorehkan juara dari berbagai lomba, baik di tingkat regional dan Nasional.

GM SDM dan Umum Purnomo menegaskan, promosi, mutasi, dan demosi merupakan hal lumrah di setiap organisasi, termasuk di Antara. ”Semuanya berubah kecuali perubahan itu sendiri,” tutur mantan GM IT Antara itu, dalam keterangannya di Semarang, Rabu (30/3/2022).

BACA JUGA: Polri Gelar Vaksinasi Serentak Indonesia di Blora Jateng

Dari sisi bisnis, pendapatan Biro Jateng juga melonjak sejak adanya portal biro yang dirintis D Dj Kliwantoro. Bahkan sebelum pandemi, 2019, pendapatan hasil kerja sama dan iklan portal biro mencapai Rp 1 miliar lebih, belum termasuk pendapatan langganan berita dan foto dari mitra media.

”Pandemi menyebabkan banyak korporasi dan instansi pemerintah memangkas budget iklan. Kami terkena dampaknya selama dua tahun terakhir ini, namun tidak terlalu dalam,” ujar Asisten Manajer Komersial, Nur Istibsaroh.

Lulusan S-2 Ilmu Komunikasi Undip itu menyatakan optimismenya, pada 2022 mampu mencapai target revenue, seiring dengan meredanya badai corona dan menggeliatnya sektor bisnis dan belanja pemerintah.

Sementara itu, Mahmudah menyampaikan, akan memberikan dedikasi dan kemampuan optimalnya untuk membawa Biro DI Yogyakarta bisa tumbuh dan berkembang pada masa mendatang.

Riyan