blank
Para wisudawan mengikuti Wisuda Ke-63 USM di Auditorium Ir Widjatmoko Jl Soekarno-Hatta, Tlogosari pada Selasa (29/3/2022).

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mahasiswa Universitas Semarang (USM) harus memiliki semangat keras untuk belajar.

Dengan begitu setelah lulus memiliki kompetensi, keterampilan dan keahlian di bidang keilmuan masing-masing.

Hal itu diungkapkan Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip, Prof Sudharto P Hadi MES PhD dalam sambutannya pada Wisuda Ke-63 USM yang dilaksanakan secara online dan offline di Auditoium Ir Widjatmoko kampus USM Jl Soekarno-Hatta, Tlogosari pada Selasa (29/3/2022).

blank
Tangkapan layar pelaksanaan Wisuda Ke-63 Universitas Semarang (USM) yang dilaksanakan secara online dan offline di Auditorium Ir Widjatmoko USM Jl Soekarno-Hatta.

Dalam wisuda tersebut, Rektor USM, Dr Supari ST MT mewisuda 1556 lulusan terdiri atas program diploma, sarjana, dan magister.

Kegiatan dihadiri antara lain, Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip, Prof Dr Ir Kesi Wijayanti SE MM, dan Ketua Ikatan Keluarga Alumni USM, Ir Yan Arianto ST MM dan Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah, Bhimo Widyo Andoko SH MH.

Menurut Sudharto, mahasiswa yang memiliki kompetensi, keretarampilan dan keahlian yang baik berpeluang besar mendapatkan pekerjaan di instansi atau lembaga pemerintahan.

Selain itu juga memiliki kemampuan menciptakan peluang kerja melalui wirausaha.

‘’Jika ingin sukses maka harus belajar dengan keras dan cerdas,’’ ungkapnya.

Rektor USM, Dr Supari ST MT mengatakan,  pendemi Covid-19 membuat banyak perubahan seperti dunia yang bergejolak, adanya ketidakpastian, serta ambiguitas.

Hal itu bisa dihadapi jika memiliki visi yang tinggi, pemahaman yang baik terhadap suatu kondisi, serta kecepatan beradaptasi.

‘’Seseorang yang mampu menghadapi perubahan dengan baik, akan berhasil dalam bekerja,’’ kata Supari.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI Provinsi Jawa Tengah,  Bhimo Widyo Andoko SH MH berharap para wisudawan USM menjadi lulusan yang dapat berkontribusi dan berguna bagi Nusa dan Bangsa, melalui kompetensi dan keahlian yang dimiliki.

Sementara itu, Ketua Ikatan Alumni USM, Ir Yan Arianto ST MM mengatakan, wisudawan USM adalah orang-orang yang cerdas, sehingga hanya perlu bekerja keras untuk mencapai keberhasilan.

Menurutnya, berpikiran positif harus ditanamkan agar pekerjaan berjalan dengan baik, karena dengan positive thinking tindakan dan attitude juga akan baik.

Vivi USM